Sebentar Lagi Puasa Ramadhan Tahun 2019

falahbayhaqi.com-Sebentar Lagi Puasa Ramadhan Tahun 2019 | Bulan ini sudah memasuki bulan April Pertengahan di Tahun 2019. Tak terasa sudah hampir satu tahun setelah puasa ramadhan 1439 H yang bertepatan pada tahun 2018. Bulan puasa ramadhan di tahun 2019 ini akan jatuh pada sekitar tanggal 4, 5 atau 6 Mei 2019 tergantung nanti sidang isbat yang akan diselenggarakan oleh pemerintah. Bulan ramadhan bulan yang suci penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam sedunia. Bagaimana enggak, hanya di bulan ramadhan ini kita dapat berlipat ganda pahala. Dibukakan pintu taubat dan maaf selebar-lebarnya. Segala ibadah sunnah pahala nya seperti wajib. Pahala ibadah wajib dilipatgandakan. 


Alhamdulillah kita masih diberi umur untuk berjumpa kembali pada bulan Ramadhan yang mulia ini oleh Allah. Untuk menyambut bulan ramadhan ini, gak ada salahnya donk kita membuat persiapan, agar kita lebih siap menjalani bulan ramadhan.

Berikut tips yang bisa kalian coba untuk mempersiapkan diri menyambut bulan ramadhan tahun 2019.



  1. Bersenang hati dalam menyambut, karena barangsiapa hanya senang dalam menyambut bulan ramadhan itu sudah bernilai pahala
  2. Banyak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, karena masih diberi kesempatan dalam menyambut bulan ramadhan di tahun ini
  3. Buatlah target untuk bulan ramadhan tahun ini, misal targetnya puasa ramadhan tahun ini harus lebih berkualitas dari tahun kemarin, bisa aspek ibadahnya yang ditingkatkan intensitasnya, atau peningkatan dalam hal beramal.
  4. Jangan lupa minta maaf kepada orang-orang terdekat ataupun sanak saudara kita.
  5. Bagi wanita, yang belum melunasi hutang puasa tahun sebelumnya, harus segera dilunasi terlebih dahulu.
  6. Inshaa Allah dengan tips sederhana di atas, membuat ibadah di bulan Ramadhan kita di tahun 2019 ini dapat lebih berkualitas dan bermanfaat. 

Puasa Ramadhan hukumnya adalah wajib bagi muslim, sudah baligh, kemudian juga berakal, dan dalam keadaan sehat, serta tidak dalam perjalanan atau safar. Jadi bagi kalian kaum muslimin dan muslimat, wajib hukumnya bagi kalian untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Apalagi yang udah baligh, ya kali gak puasa malu ama adek gue lah haha..

Agar puasa ramadhan kalian tambah seru, aku kasih tips lagi nih.



  • Lakukanlah ibadah puasa dengan bahagia, ya kalian saat puasa apalagi pas siang-siang, perut sudah mulai bergemuruh carilah cara-cara yang dapat membuat kalian bahagia, atau cari mood booster kalian, bisa dengan nonton film, atau baca komik, atau dengerin musik, dan lainnya, karena aku juga pernah baca kalau bahagia atau senang itu meningkatkan hormon endorfin yang bisa bikin kamu positif .

  • Banyakin baksos, ya ini salah satu nya bikin puasa kamu jadi lebih fun. Bersama teman-teman kalian coba deh adakan baksos ngumpul bareng, selain mempererat silaturahim juga sekalian beramal.

  • Adain buka bersama, kalau agenda bukber pasti sudah gak asing lagi donk.   Acara yang satu ini pasti gak akan terlewat oleh kalian. Bukber ini juga bisa dijadikan ajang reuni sama temen-temen SD, SMP, SMA kalian lho jadi nambah erat silaturahim. kalo bisa sebulan full kalian adain bukber dengan orang beda dan beda tempat biar gak bosen, hahah...

Nah itulah ulasan dari saya mengenai puasa ramadhan tahun 1440H atau bertepatan pada tahun 2019. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu dan semangat ibadah puasa kalian ya. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel