Cara Melindungi Tulisan Blog WordPress dengan Password


Pada dasarnya, seorang blogger pasti ingin konten tulisannya dikunjungi oleh banyak orang. Semakin banyak pengunjungnya, maka semakin tinggi grafik . Namun, tidak semua pemilik blog menginginkan karya tulisannya dibaca semua orang yang melihatnya. Beberapa pemilik blog hanya ingin blog nya dikunjungi untuk orang-orang tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Satu hal yang menjadi alasan karena blog mereka merupakan konten premium, atau blog mereka bersifat pribadi dimana blog tersebut hanya boleh dibaca oleh orang-orang atau kelompok tertentu saja. Bagi anda para pengguna blog Wordpress, ada beberapa langkah atau cara melindungi tulisan blog wordpress dengan password yang bisa anda terapkan. Anda tidak perlu lagi menggunakan plugin tambahan, karena fitur aslinya sudah tersedia dari Wordpress itu sendiri.

Cara Melindungi Tulisan Blog WordPress dengan Password


Berikut ini penjabarannya untuk membuat password pada blog wordpress anda:

      Cara Pertama (Klik Menu Post)

Cara Melindungi Tulisan Blog WordPress dengan Password

Pada cara yang pertama, anda bisa klik pada menu Post di blog wordpress anda. Menu Post ini berfungsi untuk melihat semua tulisan anda. Kemudian anda bisa arahkan ke tulisan yang ingin dilindungi dengan menggunakan password dan klik quick edit.

Cara Melindungi Tulisan Blog WordPress dengan Password

Selanjutnya, setelah anda klik quick edit maka akan muncul kolom password. Pada kolom tersebut, anda bisa isi dan menentukan sendiri password apa yang ingin anda gunakan untuk mengakses konten tersebut. Jika anda sudah menentukan password anda sendiri pada kolom password, lalu anda bisa klik pada tombol update.

Cara Melindungi Tulisan Blog WordPress dengan Password

Setelah anda menuntaskan semua tahapan tersebut, blog anda sudah terlindungi dengan menggunakan password. Bagi siapa pun yang ingin membaca blog anda harus memasukkan password terlebih dahulu agar bisa membaca konten dari blog yang anda buat. Tanpa memasukkan password, para pengunjung hanya akan mendapati halaman blank putih saja yang terlihat dari blog anda.

      Cara Kedua (Klik Menu All Posts)


Selain menggunakan fitur quick edit, ada cara kedua dimana anda bisa memodifikasi tulisan dalam versi utuh. Pada cara yang kedua ini, anda klik menu all posts di dashboard blog anda, lalu anda klik artikel yang ingin anda proteksi dengan menggunakan password.

Cara Melindungi Tulisan Blog WordPress dengan Password



Pada jendela editor, anda perlu perhatikan panel Publish yang terletak di sebelah kanan. Anda bisa klik link edit di opsi Visibility, lalu anda ubah pilihan ke Password protected. Pertama, anda masukkan password yang ingin digunakan. Kedua anda klik tombol OK, dan terakhir anda bisa klik tombol update di bawah sebelah kanan.

Cara Melindungi Tulisan Blog WordPress dengan Password


Cara kedua untuk melindungi tulisan blog wordpress menggunakan password ini juga bisa menjadi sebuah cara lain yang secara otomatis akan menutup akses untuk semua orang yang tidak memiliki password yang sudah anda buat untuk memproteksi isi blog anda.

Wordpress sendiri merupakan salah satu platform blogging terbaik dan populer yang banyak diminati oleh banyak orang untuk berbagai kebutuhan. Isi kontennya pun bermacam-macam antara lain untuk produk barang, kecantikan, hiburan, travelling, makanan & minuman, cerita pendek atau cerpen, bahkan cerita pengalaman pribadi dari penulis blog tersebut.

Semua pengguna blog pun berhak menentukan apa yang ingin mereka tampilkan dari konten yang dibuatnya, termasuk membuat password untuk melindungi isi blog mereka. Fitur password ini memang bisa menjadi pilihan tepat  untuk anda yang ingin menjadikan blog anda hanya dibaca oleh pembaca tertentu yang anda izinkan saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel