ads

Cara Membuat Notifikasi Maintenance di Blog WordPress



Pada waktu tertentu, misalnya saat sedang memperbarui plugin dan tema, wordpress secara default akan menampilkan pesan bahwa website sedang dalam kondisi “under maintenance” di laman utama wordpress. Kelemahannya, pada laman under maintenance tersebut, tampilannya hanya seadanya dan cenderung kurang menarik.

Maka untuk menarik perhatian banyak pengunjung, alangkah baiknya bila anda membuat sebuah laman khusus yang bisa menampilkan tampilan lebih menarik dan penggunaan sapaan/ucapan yang lebih personal agar pengunjung merasa lebih dihargai.

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap cara membuatnotifikasi maintenance di blog wordpress. Untuk membuat tampilan “website under maintenance” pada blog wordpress seperti itu, anda membutuhkan bantuan dari plugin.

Cara Membuat Notifikasi Maintenance di Blog WordPress


Cara Membuat Notifikasi Maintenance di Blog WordPress

      Langkah pertama, anda klik menu Plugins > Tambah baru atau anda klik Plugins > Add New. Setelah itu, pada kolom pencarian anda dapat ketikkan kata kunci maintenance lalu akan muncul beberapa plugin.


      Dari beberapa plugin yang tersedia, sebaiknya anda menggunakan plugin Coming Soon Page & Maintenance Mode by SeedProd.

      Selanjutnya anda klik tombol Install Now dan anda aktifkan. Bila telah selesai diaktifkan, anda akan langsung diarahkan ke panel pengaturan.

Cara Membuat Notifikasi Maintenance di Blog WordPress
      Ada lima langkah yang perlu anda lakukan masuk ke plugin Coming Soon Page & Maintenance Mode by SeedProod pada tab Content.

      Pertama, anda aktifkan terlebih dahulu mode Enable Maintenance Mode.

      Kedua, anda membuat headline atau judul.

Cara Membuat Notifikasi Maintenance di Blog WordPress

      Ketiga, anda ketikkan beberapa kalimat manis untuk menginformasikan dan dilihat oleh para pengunjung blog anda. Misalnya anda ketikkan “Terima kasih atas kesetiaan anda. Untuk sementara situs sedang dalam perbaikan dan kembali mengudara pada hari Sabtu 7 Juli 2019”.
Cara Membuat Notifikasi Maintenance di Blog WordPress

      Agar tampak lebih menarik, anda bisa menambahkan gambar. Langkah keempat, anda pilih opsi Nope. Setelah anda melakukan keempat langkah tersebut, langkah kelima yang terakhir adalah klik tombol Save All Changes.

Bila anda ingin mengubah tampilan design, anda bisa melakukan modifikasi pada tab Design. Pada tab Design itu, akan muncul Item Background, Content dan Text. Pada Background Color anda bisa pilih warna background yang disukai.

Selain itu, terdapat pula Background Image, Responsive Background, Responsive Size, Dim Background, Background Repeat, Background Position dan Background Attachment. Lalu pada item Content,  ada Max Width dan Enable Well. Sedangkan pada item Text, terdapat Text Color, Link Color, Headline Color dan Text Font. Anda bisa menyesuaikan semua yang ingin dimodifikasi pada Tab Design tersebut.

Saat mode maintenance sudah diaktifkan, maka secara otomatis sistem akan menampilkan notifikasi untuk pengunjung selain admin. Secara default, plugin sendiri tidak akan tampil pada tautan login, admin maupun dashboard. Setelah update selesai, Anda perlu menon-aktifkan mode maintenance tersebut agar pengunjung bisa kembali mengunjungi  dan membaca kembali isi blog anda.

Cara yang dijabarkan semua diatas adalah panduan lengkap bagaimana cara membuat notifikasi maintenance di blog wordpress. Cara tersebut dikhususkan bagi pengguna pemula yang belum paham sama sekali cara membuat maintenance pada blognya.

Oleh karena itu, panduan ini dijelaskan secara rinci dan terbilang mudah sehingga anda pun bisa menerapkan cara-cara tersebut untuk mengatasi masalah yang terjadi pada blog wordpress anda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang butuh panduan tersebut untuk kepentingan blog dan pembaca setia anda. 

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel