ads

Cara Mengganti Password Blog WordPress di phpMyAdmin



Cara mengganti password blog WordPress di phpMyAdmin seringkali dibutuhkan oleh para pengelola website yang tiba-tiba tidak ingat. Lupa merupakan sifat manusia yang seringkali dialami oleh banyak orang. Terdapat banyak alasan mengapa orang bisa mengalami lupa.

Ketika mengalami hal tersebut orang bisa saja melupakan apapun bahwa password website yang sudah sering dikelolanya. Ketika harus berpindah ke perangkat lain para pengelola website kesulitan untuk mengingat kembali password website yang dikelolanya.

Namun ketika hanya lupa password maka Anda bisa menggunakan opsi forgot password untuk mengembalikannya. Ketika masuk ke halaman forgot password maka Anda diharuskan mengisi alamat email yang aktif. Namun bagaimana tidak Anda melupakan alat email yang dimiliki.

Tentu akan merepotkan. Atau mungkin bisa saja kondisinya website Anda telah diretas dan akan gagal untuk mengakses dashboard blog. Berbagai masalah tersebut bisa diatasi dengan memahami cara ganti password yang tepat dan sesuai.

Begini cara mengganti password blog WordPress di phpMyAdmin


Meskipun telah diretas oleh orang yang tidak diketahui maka Anda bisa menggunakan cara menggantipassword blog WordPress di phpMyAdmin di bawah ini untuk bisa mengembalikan kondisi website Anda seperti semula.

Cara Mengganti Password Blog WordPress di phpMyAdmin


      Langkah pertama Anda bisa membuka Cpanel server. Anda bisa masuk ke Cpanel melalui alamat urlsitus.com/cpanel.
      Anda akan diminta untuk Login.
Cara Mengganti Password Blog WordPress di phpMyAdmin

      Ketika berhasil masuk maka akan terdapat beberapa menu pilihan. Pilih phpMyAdmin untuk bisa melakukan perubahan password dan bisa kembali mengakses blog Anda.
      Pilih database blog yang ingin Anda lakukan perubahannya. Cari dan pilihlah menu wp-user.
Cara Mengganti Password Blog WordPress di phpMyAdmin

      Klik pada user yang ingin diganti passwordnya. Klik sampai pilihan aksi muncul. Jika telah muncul, pilihlah menu ubah.
      Jika diperhatikan, WordPress secara default tidak langsung memunculkan password yang telah Anda bentuk. Namun akan dikonversi ke dalam bentuk angka. Hal ini dilakukan agar password bisa lebih aman dan tersembunyi. Hal ini juga membuat Anda kesulitan dan tidak bisa sesukanya saja untuk membuat password yang diinginkan. Anda harus sesuaikan fungsi dengan password yang akan digunakan untuk blog Anda.
Cara Mengganti Password Blog WordPress di phpMyAdmin

      Untuk bisa melakukan penyesuaian dengan baik maka Anda bisa merubah fungsinya terlebih dahulu. Pilihlah menu user_pass. Pada menu tersebut, ubahlah fungsi menjadi MD5.
      Setelah melakukan perubahan pada fungsinya barulah Anda bisa melakukan pengaturan pada password.
      Anda bisa langsung memasukkan password yang diinginkan pada kolom yang berada di sebelah kanan dan memiliki label null value. Sekarang Anda sudah bisa melakukan pengaturan password sesuai dengan keinginan karena sebelumnya Anda telah menyesuaikan fungsi.
      Jika sudah memasukkan password yang diinginkan Anda bisa klik tombol Go untuk simpan perubahan yang telah dilakukan.
      Untuk melihat hasilnya Anda bisa kembali masuk ke blog seperti biasa dengan menggunakan password baru yang telah Anda ubah. Lakukan login seperti biasa, jika sudah bisa masuk berarti Anda telah berhasil masuk kembali ke blog Anda. Pastikan apakah tampilan dashboard telah normal seperti biasa atau belum.

Demikianlah caramengganti password blog WordPress di phpMyAdmin. Dengan mengetahui cara ini meski website Anda telah disusupi maka tidak perlu berkecil hati. Jangan biarkan peretas memiliki website Anda. Gunakan cara diatas untuk bisa mengembalikan website yang telah diretas. Ketika tidak bisa masuk ke dalam blog, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Pahamilah caranya dengan baik kemudian Anda bisa mencobanya.


Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel