Cara menyembunyikan aplikasi di android dengan mudah



Banyak pengguna android menganggap bahwa tidak seluruh aplikasi di perangkat harus ditampilkan. 

Bahkan, sebagian dari mereka juga kadang-kadang harus menginstall aplikasi yang tidak digunakan. Cara seperti ini memang jalan singkat yang membuat aplikasi itu tidak muncul di layar. 

Sebagian aplikasi yang dimunculkan di perangkat android memang dianggap sangat dibutuhkan dan sering digunakan.

Bagi aplikasi yang tidak digunakan hal itu dianggap mengganggu tampilan dari homescreen

Mungkin anda bisa mencoba untuk menyembunyikan aplikasi yang ada di android.

 Ada beberapa metode dari cara menyembunyikan aplikasi di android yang bisa diterapkan. Masing-masing dari cara ini bisa menggunakan aplikasi atau tanpa bantuan aplikasi tambahan sama sekali.

Cara menyembunyikan aplikasi di android dengan mudah

Cara menyembunyikan aplikasi di android tanpa aplikasi


Salah satu cara menyembunyikan aplikasi di android adalah dengan melakukan perubahan pada Pengaturan/Setting. 

Cara seperti ini memang dilakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan sama sekali. Selain itu, cara yang diterapkan juga sangat mudah dan lebih cepat.

 Jangan khawatir karena cara ini juga aman untuk dilakukan untuk banyak perangkat android. Metode yang diterapkan juga hanya beberapa langkah saja. Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi dengan mudah dan cepat seperti:

1.       Buka Pengaturan

Untuk menyembunyikan aplikasi yang ada di smartphone android dimulai dengan masuk ke pengaturan. Biasanya sistem ini bisa anda dapatkan dari icon Pengaturan/Setting yang ada di homescreen.

2.       Pilih menu Aplikasi

Ada banyak pilihan menu yang anda temukan dari bagian Pengaturan. Cobalah tap menu Aplikasi/Application. Selanjutnya muncul beberapa menu tambahan lainnya.

3.       Pilih Application Manager

Pada layar berikutnya terdapat pilihan menu Application Manager. Tap menu ini untuk melanjutkan ke bagian berikutnya.

4.       Tap menu All

Di bagian application manager terdapat banyak pilihan aplikasi yang terinstall di smartphone android. 

Tap bagian All di menu yang tersedia. Pada bagian itu akan muncul beberapa kotak kecil di samping aplikasi yang membutuhkan persetujuan anda

Pilih aplikasi yang akan disembunyikan dengan memberikan centang. Bila anda ingin menyembunyikan seluruh aplikasi maka centang semua aplikasi.

5.       Pilih menu yang disembunyikan dengan Disable

Setelah memilih aplikasi yang akan disembunyikan maka pilih bagian menu lain dengan tap Disable. Hal ini untuk membuat aplikasi yang dipilih tidak bisa lagi muncul di halaman homescreen.

Cara menyembunyikan aplikasi di android dengan mudah

Cara menyembunyikan aplikasi di android dengan aplikasi


Anda memiliki kesempatan untuk menyembunyikan aplikasi di Android dengan sangat mudah melalui bantuan aplikasi tambahan. Cara seperti ini tentu saja akan disesuaikan dengan fitur yang ditawarkan dari aplikasi itu. 

Namun, anda juga harus hati-hati dalam memilih aplikasi yang digunakan. 

Apalagi saat ini ada banyak aplikasi yang dianggap mengandung scam atau malware. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah menyembunyikan aplikasi yang ada di bagian homescreen

Ada beberapa pilihan aplikasi yang akan membantu cara menyembunyikan aplikasi di android seperti:

1.       Security Master

Salah satu pilihan aplikasi yang akan membantu anda adalah Security Master. Aplikasi ini memang sangat direkomendasikan dan banyak digunakan orang di seluruh dunia. 

Fitur utama dari aplikasi ini adalah menyembunyikan aplikasi penting yang memang dianggap sangat rahasia. Selain itu, fitur lain yang bisa anda gunakan adalah dukungan security.

 Anda bisa menyembunyikan aplikasi itu sekaligus menerapkan sistem keamanan yang baik dengan kombinasi angka hingga pola tertentu. Jangan khawatir karena aplikasi ini mudah digunakan karena interface yang sederhana.

2.       AppLock – Fingerprint Unlock

Rekomendasi dari aplikasi lain yang membantu anda dalam menyembunyikan aplikasi adalah AppLock – Fingerprint Unlock. Aplikasi ini memiliki fitur untuk melindungi sekaligus menyembunyikan aplikasi yang dianggap sangat penting. 

Ada beberapa fitur lain yang memang bisa anda gunakan untuk melindungi aplikasi itu sekaligus. Hal yang lebih penting lagi adalah aplikasi ini tersedia secara gratis. 

Selain itu, anda juga bisa memaksimalkan fitur dengan mudah karena tampilan dari aplikasi yang cukup sederhana dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

3.       AppLock

Mungkin anda bisa mencoba menggunakan AppLock. Ini adalah salah satu aplikasi yang memang menjadi rekomendasi dari banyak pengguna Android. 

Beberapa fitur penting akan membantu anda dalam melindungi data sekaligus menyembunyikan aplikasi dengan rahasia. 

Fitur perlindungan dari aplikasi dan smartphone secara menyeluruh juga dianggap sangat penting. 

Metode perlindungan dan menyembunyikan aplikasi ini biasanya diterapkan secara menyeluruh melalui kombinasi kode angka hingga pola. Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi yang disembunyikan bisa dimunculkan kembali dengan mudah.

4.       PrivateMe

Pilihan lain dari aplikasi yang akan membantu dalam menyembunyikan aplikasi adalah PrivateMe. Aplikasi ini juga sangat populer di banyak kalangan pengguna Android. 

Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa digunakan untuk berbagai versi android yang cukup lawas. 

Bahkan, fitur utama seperti menyembunyikan aplikasi juga bisa diterapkan dengan sangat mudah. Namun, sebaiknya anda install aplikasi ini pada android versi terbaru untuk mendapatkan perlindungan maksimal. 

Fitur lain yang bisa anda dapatkan dari aplikasi ini adalah dengan metode perlindungan kombinasi angka hingga fingerprint. Perlu diingat bahwa aplikasi ini bisa berfungsi maksimal tanpa harus melakukan root pada android.

5.       Apex Launcher

Anda juga bisa menjadikan Apex Launcher sebagai salah satu aplikasi yang membantu menyembunyikan banyak aplikasi di homescreen. Metode yang ditawarkan dari aplikasi ini tentu saja hampir sama dari aplikasi lainnya. 

Namun, Apex Launcher bisa digunakan dengan mudah tanpa harus melakukan rooting pada perangkat android. Untuk menyembunyikan aplikasi yang ada di bagian homescreen cukup melakukan beberapa metode sederhana. 

Buka aplikasi Apex Launcher lalu pilih menu Drawer Setting. Selanjutnya anda tinggal memilih aplikasi apa saja yang perlu disembunyikan. Setelah itu, tap save setting untuk mendapatkan perubahan tampilan pada bagian homescreen.

6.       Hide App

Cara menyembunyikan aplikasi di android juga bisa memanfaatkan aplikasi tambahan yaitu Hide App. Aplikasi ini memang memberikan fungsi yang hampir mirip. Namun, aplikasi ini juga tidak membutuhkan rooting pada perangkat android. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah menyembunyikan aplikasi hingga game secara bersamaan di bagian homescreen.

 Selain itu, keunggulan lain yang bisa anda dapatkan adalah menerapkan perlindungan pada seluruh aplikasi yang telah disembunyikan melalui password kombinasi angka. Aplikasi ini memiliki interface yang dianggap sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Cara menyembunyikan aplikasi di android dengan mudah

Bila anda memutuskan untuk menyembunyikan aplikasi dengan bantuan aplikasi pihak ketiga maka hal ini akan membuat perubahan signifikan. Salah satunya adalah kinerja dari perangkat android akan cenderung lebih lambat. 

Hal ini terjadi karena aplikasi tambahan itu akan melakukan sinkronisasi secara real time. Bahkan, perubahan dari homescreen juga dianggap akan membutuhkan kinerja ram yang lebih besar. 

Kapasitas ram akan berkurang dan biasanya ini membuat kinerja dari aplikasi lain juga lebih lambat. Cobalah pilih aplikasi yang memang sesuai dengan spesifikasi perangkat android anda.


saya sangat senang sekali jika anda berkenan untuk menuliskan respon anda terhadap tulisan saya :)
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsShowHide