Cara menghapus akun gmail di android dengan mudah dan cepat



 Gmail menjadi salah satu layanan yang menjadi pilihan utama untuk digunakan pada perangkat android. Bahkan, saat ini sebagian besar pengguna memang memiliki banyak akun gmail. Tentu saja ada beberapa alasan memiliki banyak akun Gmail. Hal ini membuat sebagian dari pengguna memang sering melakukan perubahan akun Gmail di perangkat android.
Ada beberapa alasan kenapa akun Gmail diubah pada perangkat. Misalnya saja lupa password hingga penggantian perangkat android. Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah hingga menghapus akun Gmail. Metode dan cara menghapus akun gmail di android yang diterapkan juga bisa dilakukan beberapa langka saja.

Cara menghapus akun gmail di android dengan mudah dan cepat

4 rekomendasi cara menghapus akun gmail di android

Masing-masing dari cara yang dilakukan untuk mengganti dan menghapus akun Gmail memang harus dilakukan hati-hati. Apalagi hal ini akan berkaitan langsung dengan seluruh file atau data yang tersimpan secara otomatis. Selain itu, anda juga akan melakukan perubahan sinkronisasi terhadap akun Gmail baru yang akan digunakan pada perangkat android itu. Cobalah untuk melakukan backup terhadap seluruh file seperti foto, video, kontak dan lainnya sebelum menerapkan cara menghapus akun gmail di android. Berikut ini ada 4 metode yang bisa anda gunakan seperti:

1.      Cara menghapus akun gmail di android melalui pengaturan akun

Ini adalah salah satu dari cara menghapus akun gmail dengan mudah yang bisa anda lakukan. Namun anda harus ingat bahwa cara ini dilakukan pada perangkat android yang sudah menggunakan sistem operasi Android Lollypop keatas. Pengaturan yang diterapkan juga cukup sederhana dan cepat untuk dilakukan. Biasanya banyak pengguna yang menerapkan cara ini untuk mengganti akun gmail yang baru. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus akun gmail di hp android seperti:
a.      Pastikan anda membackup seluruh data atau file yang ada di perangkat android.
b.      Selanjutnya, masuk ke halaman menu Pengaturan/Setting.
c.      Pilih menu Account and Sycn
d.      Cari icon Google yang terdapat di bagian menu selanjutnya.
e.      Tap akun Google lalu selanjutnya anda harus memilih akun yang akan dihapus.
f.       Pada layar berikutnya tap Remove Account atau Hapus akun. Pada beberapa perangkat biasanya terdapat pilihan More. Tap menu More untuk memunculkan menu itu.
g.      Setelah akun Gmail terhapus maka data yang tersinkronisasi pada akun itu tidak akan muncul di perangkat android anda.

2.      Menghapus akun gmail dengan factory reset

Rekomendasi lain dari cara yang dilakukan untuk menghapus akun Gmail adalah dengan menerapkan factory reset. Cara seperti ini juga sering disebut dengan hard reset. Metode ini akan membuat seluruh pengaturan pada smartphone anda akan kembali seperti pada saat pertama kali membelinya. Tentu saja seluruh data atau file yang tersimpan pada perangkat ini akan terhapus. Hal ini yang membuat anda harus berpikir berulang kali untuk menghindari kesalahan fatal. Selain itu, cobalah lakukan backup terlebih dahulu terhadap seluruh rincian data atau file yang tersimpan. Berikut ini cara menghapus akun Gmail dengan metode factory reset seperti:
a.      Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membackup seluruh data dan file yang ada di perangkat android.
b.      Selanjutnya, masuk ke halaman menu lalu pilih Pengaturan atau Settings.
c.      Pada bagian ini cari menu Privacy lalu tap.
d.      Anda akan menuju ke layar menu berikutnya dan cari pilihan Factory Data Reset.
e.      Menu seperti ini biasanya terdapat di bagian paling bawah.
f.       Tap menu Factory Data Reset untuk melakukan perubahan pada seluruh sistem perangkat android.
g.      Tunggu beberapa saat maka perangkat android akan restart.
h.      Pada saat menyala kembali, sistem yang ada di perangkat android sudah kembali seperti anda membeli pertama kali.
i.       Perlu diingat cara atau metode seperti ini sebaiknya tidak dilakukan berulang kali.

Cara menghapus akun gmail di android dengan mudah dan cepat

3.      Menghapus akun gmail lewat pengaturan aplikasi

Mungkin anda bisa mencoba untuk menghapus akun gmail lewat menu pengaturan di bagian aplikasi. Cara seperti ini juga sering dilakukan sekaligus untuk membersihkan seluruh data dan file yang tersimpan di bagian email. Bahkan, anda juga bisa menambah akun gmail bila ingin melakukan perubahan pada sistem perangkat android itu. Metode yang diterapkan biasanya akan memiliki resiko yang cukup tinggi terhadap seluruh perubahan sinkronisasi data dan file. Berikut ini metode menghapus akun gmail melalui pengaturan aplikasi di perangkat android seperti:
a.      Cobalah simpan atau backup seluruh data atau file yang tersinkronisasi oleh akun gmail itu.
b.      Setelah itu, masuk ke menu Pengaturan atau Setting.
c.      Cari menu Apps atau Applications di bagian bawah dari pilihan menu.
d.      Tap menu itu lalu cari Google Apps. Tap menu Google Apps untuk masuk ke pilihan tambahan.
e.      Pada bagian menu Google Apps terdapat pilihan Hapus Data atau Clear Data.
f.       Tap menu Clear Data untuk menghapus akun Gmail yang terdaftar di perangkat android.
g.      Selanjutnya lakukan restart pada perangkat android. Setelah menyala buka aplikasi PlayStore.
h.      Anda akan diminta untuk memasukkan alamat gmail yang baru. Masukkan alamat gmail yang baru dan tunggu hingga perangkat itu selesai melakukan sinkronisasi.
i.       Cobalah untuk menginstall salah satu aplikasi dari PlayStore. Bila berhasil maka sinkronisasi akun Gmail yang baru telah selesai.

4.      Menghapus file secara manual

Pilihan lain dari menghapus akun gmail yang anda lakukan bisa diterapkan dengan cara manual. Namun, metode ini dianggap pengguna lain cukup rumit dan sedikit berbahaya. Apalagi anda harus masuk ke file direktori di bagian sistem perangkat android. Bila anda mengalami kesalahan dalam menghapus data maka hal itu akan berdampak pada sistem android yang ada di perangkat android ini. Bahkan, bisa saja sistem operasi pada perangkat android tidak berfungsi secara maksimal. Sebelum metode ini dilakukan sebaiknya lakukan backup seluruh file dan data dari perangkat android ke perangkat lainnya. Berikut ini metode menghapus akun gmail dengan manual seperti:
a.      Terlebih dahulu lakukan rooting pada perangkat android yang anda gunakan.
b.      Selanjutnya, install aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur Root Explorer. Salah satunya adalah dengan menginstall File Expert.
c.      Pada menu aplikasi ini buka pilihan folder Data. Biasanya folder ini ada di bagian penyimpanan internal dari perangkat android. Anda tidak akan menemukan folder di penyimpanan eksternal.
d.      Cari pilihan menu System yang ada di bagian folder Data tadi. Tap menu System dan anda akan masuk ke bagian menu lainnya.
e.      Pada bagian layar menu ini anda akan melihat banyak data. Cari file yang memiliki nama accounts.db.
f.       Tap file dengan nama accounts.db dengan durasi yang agak lama hingga muncul pilihan menu pop.
g.      Pilih menu Delete.
h.      Setelah terhapus segera lakukan restart pada perangkat android.

saya sangat senang sekali jika anda berkenan untuk menuliskan respon anda terhadap tulisan saya :)
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsShowHide