Aplikasi Android Remote Tv Tanpa Infrared (Ir)

Apakah HP Android yang tidak mempunyai infrared (IR) dapat dijadikan sebagai Remote TV? Jawabannya dapat iya dan juga dapat tidak. Hal tersebut tergantung dari jenis atau model TV yang akan di remote dan juga sistem operasi di HP android yang sahabat gunakan. Kedua hal tersebut harus sahabat pahami semoga dapat mengetahui HP mana yang dapat dipakai sebagai remote televisi.

Dalam goresan pena aku kali ini, aku akan membahas wacana aplikasi android remot tv tanpa infrared, akan tetapi sebelumnya aku akan memperlihatkan citra kepada sahabat pembaca semoga dapat memahami penyebab sebuah smartphone Android dapat dan juga tidak dapat dipakai menjadi sebuah remote televisi.

Pada dasarnya prinsip kerja dari sebuah televisi yang ada remote nya yakni adanya pemancar sinyal (Transmiter) dan juga akseptor sinyal (Receiver). Remote sebagai pemancar, sedangkan televisi sebagai receivernya. Pada umumnya, kini ada 2 model televisi yang beredar di pasaran, yaitu model TV biasa yang support (kompatibel) dengan remote infrared (IR) dan juga model smart TV yang support dengan remote infrared, Wifi dan Internet.

Televisi model biasa yang hanya support dengan remote infrared, hanya dapat dikendalikan dengan remote yang memakai infrared sebagai pemancarnya. Sedangkan Televisi model Smart TV juga hanya support dengan remote infrared, Wifi, dan internet sebagai medianya. Dengan klarifikasi ini, aku yakin sahabat sudah dapat mempunyai citra wacana televisi biasa dan smart TV ya?

Kalau sudah paham, berarti sahabat pastinya sudah tahu bahwa HP android yang tidak mempunyai sensor infrared tidak akan dapat dipakai sebagai remote televisi model biasa meskipun terpasang aplikasi remote TV. Meski demikian, HP android tanpa infrared berpeluang masih dapat dijadikan remote televisi model Smart TV dengan memanfaatkan Wifi dan juga jaringan internet.

Berikut yakni aplikasi remote TV tanpa sensor infrared:
  • Smart TV Remote – Aplikasi ini dapat dipakai dengan pemberian infrared dan juga Wifi. Dengan jaringan Wifi, remote ini dapat sahabat gunakan untuk mengendalikan Smart TV samsung keluaran tahun 2011, 2012, 2013, 2016, 2017, dan 2018. Untuk seri tahun di atasnya, ketika ini belum ada isu dari pengembang aplikasi tersebut. Meski demikian, tidak ada salahnya jika sahabat mencobanya. Aplikasi ini hanya dapat berjalan pada smartphone android dengan sistem operasi 4.1 (Ice cream sandwich) dan di atasnya.
  • LG TV Plus – Aplikasi ini dikeluarkan oleh LG Electronics khusus untuk smart TV LG. Aplikasi ini hanya support untuk televisi LG dengan WebOS TV yang dikeluarkan LG pada tahun 2014 ke atas. Untuk dapat menjalankan aplikasi ini dengan baik, maka minimal HP yang sahabat gunakan mempunyai sistem operasi minimal Android 6.0 (Marshmallow) atau di atasnya.
  • Samsung Smart View – Aplikasi yang dikeluarkan oleh Samsung Electronics ini dapat dipakai sebagai remote smart TV khusus samsung. Bila sahabat ingin memasang aplikasi ini di smartphone yang sahabat miliki, maka HP sahabat harus mempunyai OS minimal Android 6.0 (Marshmallow).
Dari klarifikasi di atas, pastinya sahabat sudah dapat mengerti bahwa aplikasi android remote TV tanpa infrared hanya dapat dipakai pada televisi yang support dengan Wifi dan jaringan internet yaitu smart TV. Makara jika sahabat mencari aplikasi android remote TV tanpa infrared untuk televisi biasa yang hanya support infrared, maka aku pastikan tidak ada. Semoga membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel