Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kelebihan dan Kekurangan Gitar Listrik VS Gitar Akustik


Salah satu pertanyaan paling umum yang melintas di benak gitaris pemula adalah jenis gitar apa yang terbaik untuk dipelajari, gitar listrik atau gitar akustik?

Kelebihan dan Kekurangan Gitar Listrik VS Gitar Akustik


Dari pertanyaan tentang jenis gitar yang akan dipilih, akustik atau listrik dan mana yang lebih baik. Membandingkan segala hal tentang Kelebihan dan Kekurangan Gitar Listrik VS Gitar Akustik adalah langkah terbaik.  Jadi kita akan mengupas semuanya dan kemudian memberi sedikit rangkuman yang akan bermanfaat bagi anda untuk membantu memutuskan pilihan terbaik untuk anda.

Kelebihan belajar pada Gitar Listrik

Kelebihan belajar pada Gitar Listrik


Memegang akor lebih mudah, karena lebar leher biasanya akan lebih sempit pada gitar listrik.
Senar pada gitar listrik jauh lebih lembut daripada gitar akustik, yang membuat bermain gitar lebih mudah di jari-jari Anda.

Belajar bermain akor  lebih mudah pada gitar listrik karena  senarnya ringan.
Anda dapat mencolokkan headphone ke amplifier Anda, sehingga Anda tidak akan membuat rumah anda gaduh.

Kekurangan belajar pada Gitar Listrik


Anda perlu membeli amplifier juga, yang merupakan pengeluaran ekstra.
Menemukan nada yang tepat tidak mudah bagi pemula yang tidak tahu apa-apa tentang gitar listrik dan ampli, dan gitar yang terdengar buruk mungkin membuat mereka tidak bersemangat.

Mampu memainkan sesuatu dengan gitar listrik tidak berarti Anda dapat memainkannya dengan gitar akustik juga.


Beberapa aksesoris Gitar listrik yang harus anda miliki agar bisa bernain  adalah :

aksesoris Gitar listrik


Ampli gitar:

Ampli adalah aksesori yang diperlukan untuk gitar listrik. Dalam kebanyakan kasus, ampai kecil akan cukup untuk pemula. Anda yang tertarik pada rock, pop, dan blues mungkin menginginkan ampli dua saluran yaitu, satu dengan kemampuan nada bersih dan nada terdistorsi.

Kabel instrumen:

Kabel instrumen menghubungkan gitar listrik ke ampli. Anda harus memastikan kabel cukup panjang untuk mencapai dari ampli ke tempat anda berlatih. Kabel 10 'atau lebih besar sudah cukup.

Headphone:

Banyak ampli memiliki jack headphone, yang berguna untuk menjaga volume saat gitar saat latihan tidak terdengar oleh anggota keluarga, tetangga, hewan peliharaan, dll.

Tuner gitar:

Tuner adalah aksesori yang diperlukan untuk semua jenis gitar. Gitar akustik akan membutuhkan tuner dengan mikrofon bawaan, sedangkan gitar elektrik membutuhkan tuner yang bisa dicolokkan. Atau, tuner headstock bekerja dengan getaran dan baik untuk semua jenis gitar. Sebagian besar model tuner relatif murah.

Picks Gitar:

Pemetik Gitar adalah plectrum plastik yang digunakan untuk memetik senar. Mereka memiliki berbagai ketebalan, ukuran sedang baik untuk pemula, sampai siswa mengembangkan pilihan.

Tali gitar:

Semua gitar listrik dan sebagian besar gitar akustik diatur untuk digunakan dengan tali. Sebagian besar tali dapat disesuaikan untuk ukuran, tetapi cobalah sebelum Anda membeli untuk memastikannya pas.

Kelebihan dan kekurangan Gitar Akustik

Kelebihan dan kekurangan Gitar Akustik


Seperti dengan gitar listrik, ada beberapa keuntungan belajar gitar akustik, serta beberapa kelemahan.

Kelebihan belajar pada Gitar Akustik


Jika Anda dapat memainkan sesuatu pada gitar akustik senar baja, Anda dapat memainkannya tanpa masalah pada listrik, sesuatu yang tidak dapat dikatakan sebaliknya.

Banyak orang akan lebih menyukai nada akustik yang daoat menenangkan hati dan suara lebih nyaman didengar daripada suara gitar listrik yang terdistorsi.

Anda tidak perlu membeli kabel atau amplifier apa pun untuk mulai bermain.

Kekurangan belajar dengan Gitar Akustik


Lebih keras di jari Anda daripada gitar listrik. Pemula absolut mungkin hanya akan bisa bermain selama sekitar 20 menit sebelum tidak bisa lagi bermain karena rasa sakit yang luar biasa di ujung jari mereka. Tentu saja, ini hanya berlangsung beberapa minggu, sampai tangan Anda mulai kapalan.

Senar yang lebih keras juga berarti bahwa memainkan akord, terutama akord barre akan jauh lebih sulit.

Lebih banyak senar berdengung karena senar yang lebih keras.
Fretboard yang lebih luas, sesuatu yang pemula tidak akan selalu menikmati.
Lebih rapuh dari gitar listrik.

Jadi jenis gitar apa yang harus Anda pelajari?
Jadi, sekarang Anda tahu kelebihan dan kekurangan kedua gitar tersebut.

Tanyakan pada diri sendiri jenis musik apa yang Anda suka, dari sana Anda akan dapat memutuskan jenis gitar apa yang paling banyak digunakan dalam genre itu.

Jika Anda suka rock dan metal, Anda jelas harus memilih gitar listrik. Jika Anda suka musik country, klasik, atau mungkin ingin menjadi "gitaris api unggun", pilih yang akustik. Itu mudah.

Apa pun caranya, jika Anda tetap menggunakan gitar, Anda secara alami juga akan tertarik pada jenis gitar lainnya, jadi Anda akan menguasai semuanya  cepat atau lambat

Sekarang setelah Anda melihat kedua opsi, ada beberapa tips dan pertimbangan berguna yang mungkin ingin Anda pikirkan:

Pertama-tama Anda harus bertanya pada diri sendiri jenis musik apa yang Anda sukai dan dengan cara ini Anda akan memiliki petunjuk tentang jenis gitar apa yang terbaik untuk genre yang ingin Anda mainkan. Jika Anda suka rock dan metal, Anda harus memilih gitar listrik tetapi jika Anda suka musik klasik, balada atau pop, itu akan jauh lebih sederhana dengan gitar akustik.

Dengan satu atau lain cara jika Anda terbiasa dengan instrumen tersebut, secara alami Anda akan mengembangkan minat pada jenis gitar yang lain, jadi cepat atau lambat Anda akan mahir memainkan yang lainnya juga.

Pada awal perjalanan Anda sebagai gitaris, satu-satunya tujua adalah mempelajari teknik-teknik dasar yang akan membantu Anda bermain apa pun yang Anda inginkan di masa depan, terlepas dari kenyataan bahwa Anda bermain dengan gitar akustik atau listrik.

Hal yang paling membuat frustrasi ketika Anda mulai bermain gitar akustik adalah kenyataan bahwa banyak pemula merasa kecewa dan cepat menyerah  mengingat tingkat kesulitan yang dihadapinya , mereka mulai menemukan seluruh konsep bermain gitar terlalu keras. Jelas ini juga tergantung pada teknik pengajaran, dan keahlian guru untuk mengajar dan membuat anda tertarik.

Belajar bermain gitar membutuhkan ketekunan dan dedikasi, Anda jelas akan menghadapi masalah saat memainkan kedua jenis itu. Jika Anda menyukai tantangan, dan ingin menjadi pro dan membuat transisi Anda ke instrumen chord lainnya lebih mudah, kami sarankan mulai dengan gitar akustik,  jika kepribadian Anda lebih fokus untuk bersenang-senang dan ingin memutar lagu favorit Anda dengan cepat, mulailah dengan yang listrik.

Jika niat Anda benar-benar serius dan Anda bertekad untuk mendedikasikannya, mulailah dengan gitar akustik, itu tidak akan menjadi masalah besar jika Anda menikmati apa yang Anda lakukan, jari-jari Anda akan terbiasa dengan senar dengan cepat, jari-jari Anda akan lebih gesit. dan kuat dan Anda akan mengembangkan teknik yang lebih maju dalam waktu singkat. Mengembangkan keterampilan serius akan lebih penting bagi Anda daripada mengambil jalan pintas.

 Jika Anda benar-benar menyukai musik dan ingin menguasai instrumen untuk memahami musik dengan lebih baik, dengan mengerahui Kelebihan dan Kekurangan GitarListrik VS Gitar Akustik, cepat atau lambat Anda akan belajar memainkan kedua jenis musik tersebut.


Hosting Unlimited Indonesia
DomaiNesia

Berlangganan via Email