Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Cara Bisnis Katering Untuk Pemula yang Menguntungkan

Jasa boga penyedia aneka makanan dan minuman rupanya menawarkan banyak keuntungan. Tingginya permintaan konsumen, membuat bisnis catering laris manis. Tidakkah Anda tertarik? Tak perlu cemas, sekalipun masih awam, Anda bisa menjalankannya. Bagaimana cara bisnis katering untuk pemula?

Memulai sebuah usaha tidak bisa main-main jika ingin terus berjalan. Bukan hanya sekali buka dan sudah disitu saja. Perlu strategi yang kuat agar bisa mengembangkan bisnis dengan lancar. Tak terkecuali di bisnis jasa boga ini. Seperti apa kiat sukses mendulang keuntungan bisnis katering?

Baca Juga Bisnis Kamera Bekas


Tips Sukses Bisnis Katering Dari Nol

Untuk mendukung usaha katering, ada tips jitu yang bisa dicoba. Berikut adalah beberapa diantara:

Siapkan Modal

Pertama adalah modal usaha. Untuk bisa mengontrol anggaran agar tidak membengkak di awal, Anda bisa menekan biaya. Seperti contohnya memilih karyawan satu dulu. Meskipun biaya ditekan, jangan sampai mengurangi kualitas masakan. Supaya tidak mengecewakan pelanggan.

Menentukan Lokasi yang Strategis

Tempat usaha tidak selalu harus di depan jalan raya. Di dekat jalan dan mudah diakses, itu sudah cukup. Bila perlu pilih lokasi dekat dengan instansi yang sekitar perlu katering. Contohnya dekat dengan gedung pernikahan, kampus, kantor dan lainnya.

Jalin Kerja Sama Dengan Supplier dan Konsumen

Menjalin kerja sama sangatlah penting baik itu dengan supplier maupun ke konsumen. Dalam usaha pasti perlu supplier untuk menyediakan bahan-bahan dan segala keperluan. Jalin hubungan yang bagus untuk memperoleh harga lebih terjangkau.

Selanjutnya adalah kerja sama dengan pembeli. Bagaimana caranya? Bisa dimulai dengan memberikan pelayanan yang bagus. Berikan bonus ataupun diskon untuk orderan berikutnya. Atau minta bantuan untuk direkomendasikan ke channel lainnya.

Lakukan Promosi

Memperkenalkan produk ke umum jelas harus. Jangan sampai tidak ya! Bagaimana sekitar dan lainnya tahu kalau Anda buka usaha tanpa adanya promosi? Apalagi sekarang ini, Anda bisa promo secara online dan offline. Seperti lewat media sosial, status whats app, brosur, dan lainnya. Cara bisnis katering untuk pemula yany satu tidak boleh dilewatkan. Sebab pengenalan usaha ke sekitar tidak selalu bayar mahal.

Tawarkan Harga Wajar

Mengejar laba besar siapa yang tidak ingin? Tapi jika itu menjadikan produk dikenal mahal, jelas jangan ya! Berikan harga yang wajar-wajar saja. Meski hanya dapat laba sedikit, lama-lama jadi banyak. Untuk tahu harga pasaran, Anda bisa survei terlebih dulu.

Inovasi Menu

Up date selalu menu kuliner yang Anda tawarkan. Sajikan semenarik mungkin agar memikat pelanggan. Inovasi menu yang unik biasanya disukai oleh konsumen. Tuangkan ide-ide terbaik Anda, untuk menciptakan masakan yang berbeda dengan katering sebelah.

Tingkatkan Kemampuan Dalam Memasak

Meski sudah pandai dalam memasak, tak ada salahnya untuk terus memperbaiki kemampuan. Seperti mencoba masakan menu-menu baru. Cara belajarnya bisa cari di internet ataupun dari buku. Sehingga tidak perlu repot ataupun bayar mahal.

Berikan Pelayanan Berkualitas

Miliki standard kualitas masakan, pelayanan dan harga. Pertahankan tiga hal tersebut agar tidak mengecewakan konsumen. Sebab kualitas adalah poin besar yang menjadikan pembeda dengan pesaing lain.

Itulah beberapa upaya untuk mendukung kesuksesan usaha katering. Meski pemula bukan berarti tak bisa, bukan?

Baca Juga Bisnis Buat Aplikasi Android

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Dari Usaha Katering

Menjanjikannya peluang bisnis katering, bukan berarti bisa asal-asal. Ada hal-hal yang sebaiknya dihindari agar tidak merugikan. Beberapa poin tersebut adalah:

  • Malas promosi
  • Menaikkan harga
  • Mengganti menu tanpa konfirmasi.

Dapat disimpulkan juga bahwa cara bisnis katering untuk pemula tidaklah sulit. Namun bukan berarti mengesampingkan hal-hal kecil ya! Sebab ketiga hal tersebut dapat merugikan bisnis.


Kelas Instagram Organik Hosting Unlimited Indonesia
Kelas Instagram Organik DomaiNesia
Kelas Instagram Organik

Berlangganan via Email