-->

falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi

info seputar Android, Kesehatan, Wisata dan Lainnya

Repo Adalah: Pengertian dan Risiko Yang Harus Anda Ketahui

Repo adalah transaksi penjualan suatu instrumen efek, yang terjadi antara dua pihak. Perjanjian tersebut diikuti dengan perjanjian tanggal atau waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam dunia bisnis istilah Repurchase  Agreement atau Repo, merupakan istilah yang lumrah digunakan. Agar proses dilaksanakan pembelian tersebut kembali dengan harga  tertentu yang telah disepakati sebelumnya.

Jika Anda masih awam dalam dunia bisnis, istilah Repo serta pengertiannya tentu dianggap rumit. Karena istilah-istilah tersebut memang tidak biasa di telinga orang biasa. Namun lain halnya jika Anda seorang yang telah memahami bisnis. Jika mendengar kata “Repo”, tentu tidak akan membuat pusing bukan? Maka, banyak pebisnis yang melakukan transaksi ini biasanya bukanlah orang sembarangan.

Icons made by Payungkead from www.flaticon.com

Repo Adalah Istilah Penting Yang Harus Anda Ketahui

Repo merupakan sebuah transaksi yang mengadopsi adanya true sale atau sell/buy back outright. Di dalamnya terdapat transfer of title yang memungkinkan setiap transaksi Repo selalu diikuti oleh adanya perubahan kepemilikan efek yang ditransaksikan. Namun transaksi Repo ini membuat pemilik saham pertama tidak dapat mendapatkan sahamnya kembali, karena saham tersebut telah di-Repokan kembali atau terjadi gagal serah saham. 

Repo dengan kata lain merupakan perjanjian pinjaman dana, atau surat utang jika dipersingkat. Jika Anda sebagai peminjam gagal membayar pinjaman saat jatuh tempo, maka pendana berhak menyita saham yang diagunkan oleh Anda dalam transaksi tersebut.

Tujuan Transaksi Repo (Repurchase  Agreement) 

Repo sendiri tujuannya menguntungkan beberapa pihak dalam segi bisnis. Namun dalam transaksi ini, Anda yang tidak dapat membayar pinjaman tadi jelas tidak mendapatkan keuntungan. Dapat disimpulkan  bahwa yang gagal melakukan serah saham harus bertanggung  jawab.

Tujuan dari transaksi Repo sudah dikaji dengan seksama, sehingga baik Anda atau para investor dapat memiliki keuntungan sesuai hasil akhir itu sendiri. Jika Anda gagal tidak mendapat keuntungan, begitupun sebaliknya. Maka, Anda harus pintar-pintar dalam menjalankan transaksi ini.

Amankah Repo Untuk Berinvestasi? 

Jika bertanya amankah berinvestasi dengan cara transaksi Repo, tentu Anda dapat lebih jauh lagi mengenal Repo itu sendiri. Karena transaksi tersebut merupakan salah satu bentuk investasi yang kerap kali digunakan dalam dunia saham, sehingga telah dianggap aman untuk dilakukan. Selain itu, transaksi ini dapat menguntungkan sejumlah pihak yang berhasil mendapatkan efek.

Skema transaksi ini mencakup pada penggunaan saham sebagai agunan untuk jenis pinjaman tertentu. Pada umumnya sebuah perusahaan menjual Repo yang dapat dibeli oleh investor perorangan. Pada dasarnya sistem ini tidak jauh dengan sistem di Pegadaian. Perbedaannya terletak pada aset yang diagunkan yakni saham atau surat utang yang dimiliki perusahaan.

Risiko Berinvestasi Repo

Anda tertarik dengan transaksi Repo? Jika iya, pastikan Anda mengetahui berbagai risikonya agar tidak menyesal di kemudian hari. Nah, misalnya jika transaksi tersebut jatuh tempo dan harus segera dilunasi kepada para investor, tetapi Anda tidak mampu melunasi. 

Akibatnya Anda tidak mampu mengembalikan pinjaman tersebut, maka para investor berhak menjual sahamnya. Karena yang dijaminkan merupakan saham, harganya pun dapat bergerak naik dan turun atau bahkan turun drastis. Mencoba Repo, Anda tentu harus siap dengan risikonya.

Repo Untuk Transaksi Bisnis Menjanjikan

Di atas telah dibahas secara lengkap mengenai Repo adalah beserta dengan risiko serta hal penting lain yang dapat Anda ketahui. Nah, setelah memahami pembahasan di atas tentu Anda akan lebih bersemangat lagi saat menjalani transaksi ini bukan? Tidak ada salahnya menggunakan Repo, karena transaksi ini sendiri dinilai sangat menjanjikan.


Wajib Tahu:

Author Profile

About falahbayhaqi

falahbayhaqi.com | suka kopi, cukur rambut, dan teknologi. Kalau mau kerjasama Hayuuuk... langsung hubungi saya di Kontak