-->

falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi

falahbayhaqi.com adalah blog mengulas info seputar Android, Kesehatan, Wisata dan informasi bermanfaat lainnya

Cara Dapat Gajian Dari Adsense

Baca Juga:

Cara Dapat Gajian Dari Adsense

Google adsense sebagai platform untuk publisher yang memberikan keuntungan di setiap klik iklan yang tayang di blog ataupun website. Tidak pernah menyangka si bisa gajian dari adsense. Awal-awal ngeblog memang tujuannya bukan adsense. Tapi setelah ketrima sebagai publisher google adsense jadi semangat untuk gimana caranya bisa payout google adsense.

Awalmula ngeblog

Blog ini berdiri sejak 2017 tidak terasa sudah tiga tahun umurnya. Dan bener banget blog ini setelah 3 tahun baru bisa menerima pembayaran google adsense. Waktu yang lama banget untuk penantian payout sang google adsense. Awalnya hanya iseng untuk membuat konten yang bermanfaat dan sharable bagi pengunjung. Dengan bekal ilmu ngeblog saya yang sudah pernah ngeblog sebelumnya dari tahun 2009 saya terapkan di blog ini. Saya memilih platform blogger, ya karena pertama kali kenal dan sudah ngulik blogger duluan ketimbang wordpress self hosted. Segala ilmu ngeblog sudah saya terapin, dari pemilihan template, penulisan artikel, hingga cari backlink. Dan hasilnya…nothink.

Ilmu SEO saya sudah kadaluarsa dan tidak sesuai dengan algoritma google sekarang, dengan kata lain mbah google sudah semakin pinter algoritmanya. Putus asa? Ya tentu, untungnya tidak lama dan saya mulai bangkit lagi. Dengan mempelajari sedikit demi sedikit algoritma google dan bagaimana menerapkan SEO yang baik untuk sekarang ini, alhamdulillah merangkak blog ini mulai membaik.

Bukti Gajian Adsense

Pertama kali payout rasanya memang senang sekali, terlebih terpampang nama google asia di dalam daftar mutasi rekening. Gajian pertama google adsens saya lumayan, tidak sampai berjuta-juta bahkan puluhan juta. Jumlahnya pas di ambang batas untuk dilakukan pembayaran sekitar 1,3 jutaan. Berikut bukti pembayaran adsense.

bukti pembayaran adsense

Cara Gajian dari Google Adsense

Setelah melihat bukti pembayaran dari google adsense, saya akan bagi tips cara gajian dari google adsense, berikut caranya:

Disclaimer: cara ini hanya untuk yang sudah diterima sebagai publisher adsense saja

Perbaiki SEO

SEO adalah kunci agar kalian bisa gajian dari google adsense. Mengapa demikian? Karena dengan SEO kalian bisa mendapatkan organik trafik untuk blog kalian. SEO dibagi menjadi dua kalau kata para mastah SEO yaitu SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page yaitu mengoptimasi blog kalian dari sisi dalam blog itu sendiri. Kategori SEO On Page diantaranya:

- Keyword

- Konten

- Tema atau Template

- Outbound Link

- Internal Link

- Kecepatan Blog 

Semua kategori di atas harus kalian pahami dan perbaiki sesuai standar SEO On Page yang baik. Caranya seperti ini:

Keyword

Lakukan riset keyword atau kata kunci yang benar. Sederhananya begini, kalian harus bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk bisa di ranking di blog kalian. Kalian harus bisa mendapatkan kata kunci yang volume nya rendah dengan persaingan ringan. Untuk mempermudah riset keyword, sudah ada berbagai macam tools SEO untuk riset keyword seperti:

- Ubersugest

- SEMrush

- Ahref 

Dan tools SEO yang lain yang masih banyak di luaran sana.

Konten

Percayalah dengan Konten is The King, ya saya sendiri tidak sepenuhnya sepakat karena merangking sebuah konten tidak hanya butuh berkualitas saja namun banyak faktor pendukung lainnya. 

Baik, untuk konten buatlah konten yang benar-benar bermanfaat untuk pengunjung. Google akan tahu mana artikel yang bermanfaat dan memberikan solusi bagi pengunjungnya dan mana yang tidak.

Konten yang kalian buat juga harus lolos plagiarisme, artinya harus original bukan konten hasil copy paste ataupun translate bahasa asing.

Tema atau Template

Gunakan tema atau template yang benar-benar SEO friendly. Kalian bisa baca tentang template terbaik blogger sebagai referensi memilih template yang baik. Untuk masalah berbayar atau gratis, itu pilihan kalian. Karena jelas terdapat perbedaan fitur untuk yang versi gratis dan berbayar.

Pilihlah template yang clean, eye catching, enak dipandang, gak lebay, dan jelas navigasinya. Hal ini akan mempengaruhi user experience dalam mengakses blog kalian. Mengapa perlu memperhatikan user experience? Jawabannya adalah bounce rate.

Bounce rate adalah kondisi di mana pengunjung blog akan segera menutup blog kita tanpa melakukan aktivitas apapun setelah membuka blog kita. Hal ini akan menjadi penilaian negatif bagi google. Dan efeknya blog kalian tidak akna diranking oleh google.

Outbound Link

Outbond link atau link keluar adalah meletakkan link di konten atau blog kalian berujuan untuk menjadikan referensi sebagai penguat validitas informasi yang kalian sajikan di konten kalian. Usahakan taruh link yang benar-benar kredibel dan jangan asal-asalan. Kecuali kalau menaruh link sponsor atau guest post itu beda lagi ceritanya.

Manfaat dari meletakkan link referensi yang kredibel adalah membangun kepercayaan pengunjung terhadap informasi yang disajikan di blog, dan google bisa tahu hal ini.


Internal Link

Melakukan internal link merupakan keharusan, kata mastah-mastah SEO, sebagian dari mereka memang merekomendasikan cara ini. Tujuannya untuk memberi efek betah kepada pengunjung, jadi pengunjung akan baca artikel yang berkaitan dengan konten yang kalian sajikan, dan ini akan memperkecil bounce rate blog kalian.


Kecepatan Blog

Kecepatan atau speed blog terpengaruh oleh tema atau template yang digunakan. Pilih template yang benar-benar ringan untuk kalian gunakan di blog. Cara cek pagespeed bagaimana? Caranya adalah dengan mengecek di situs pagespeed insight google atau bisa menggunakan Gtmetrix.


SEO Off page

SEO off page adalah optimasi SEO dari luar blog. Yang populer adalah backlink, unutk masalah backlink ini kalian harus benar-benar mencari backlink yang berkualitas. Usahakan cari backlink yang contextual. Apa itu Contextual backlink? Contextual backlink adalah backlink yang ditaruh di dalam text. Walaupun banyak macam backlink seperti backlink profile, redirect, social bookmark, tapi contextual merupakan pilihan tepat untuk menanam backlink.

Nah itulah cara bagaimana bisa gajian dari adsense. Yang terpenting adalah kalain bisa mengopptimasi SEO dengan baik. Bagi yang belum jelas bisa membaca cara optimasi SEO agar mudah pageone di artikel sebelumnya. 

Oh ada hal yang terlupakan untuk memperlancar itu semua kalian harus berdoa dan perbanyak sedekah untuk memperlancar rejeki kalian.

Demikian pembahasan singkat tentang cara gajian adsense, semoga bermanfaat.


Wajib Tahu:

Author Profile

About falahbayhaqi

falahbayhaqi.com | suka kopi, cukur rambut, dan teknologi. Kalau mau kerjasama Hayuuuk... langsung hubungi saya di Kontak

Artikel Terkait: