Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Berbagai Jenis Kubah Masjid

Berbagai Jenis Kubah Masjid

Bagi umat muslim, masjid merupakan tempat ibadah untuk orang islam. Ibadah di masjid lebih diutamakan daripada ibadah di rumah. Kita bisa menunaikan sholat 5 waktu, mengaji, atau bahkan mendengarkan kajian dari ulama dalam majelis taklim. 

Jika membicarakan tentang masjid, pasti terpikirkan oleh kita bangunan yang besar kokoh dengan kubah di atasnya. Salah satu ciri masjid yaitu ada kubahnya, jadi umat islam tau dari kejauhan bahwa ada masjid di sekitarnya. Dan biasanya yang terlihat dari bangunan masjid adalah kubah masjid.

Sebenarnya di Indonesia tidak semua masjid ada kubahnya lho. Indonesia sebagai negara yang memiliki berbagai macam budaya dan adat istiadat serta kultur yang beragam membuat bangunan masjid yang berada di beberapa daerah tidak memiliki kubah.

Kubah bukan hanya menjadi simbol ataupun ciri khas dari masjid, namun sisi lainnya adalah merupakan penanda arah kiblat dari sisi luar, dan juga simbol keindahan masjid. Biasanya kita bisa melihat betapa megahnya suatu masjid dari kubahnya. 

Salah satu fungsi dari kubah adalah bisa menjadi reflektor cahaya yang masuk ke masjid, sehingga area dalam masjid lebih terang. Hal ini disebabkan oleh kubah di sisi luar nya menjadi reflektor cahaya yang masuk untuk menerangi sisi dalam dari kubah masjid.

Untuk lebih mengenal jenis-jenis kubah masjid, mari kita simak pembahasan mengenai jenis-jenis kubah masjid berikut ini.

Berbagai Jenis Kubah Masjid

Secara bentuk mungkin kita mengira kubah masjid itu sama saja, bentuknya begitu-begitu saja. Namun siapa sangka kalua ternyata ada berbagai macam jenis kubah masjid yang digunakan. Jenis kubah masjid yang digunakan ini menentukan berbagai macam aspek, seperti contohnya kualitas dan daya tahan atau keawetan daripada kubah masjid. 

Ada dua jenis secara umum jenis-jenis kubah masjid. Jenis kubah masjid biasa atau biasa disebut dengan GRC, dan jenis kubah masjid dengan galvalum dan enamel. Berdasarkan jenis nya kubah masjid ini berbeda bahan dasar yang digunakan, jika kubah masjid GRC itu dibuat dengan bahan beton, sedangkan kubah masjid enamel dibuat dari bahan baja ringan (panel enamel).

Kubah Masjid GRC

Kubah Masjid GRC


GRC adalah kepanjangan dari Glassfiber Reinforced Cemen atau dalam Bahasa sehari-hari disebut juga dengan beton. Beton memiliki kualitas yang kuat dan sangat kokoh. Secara daya tahan, kubah GRC atau yang dibuat dengan beton lebih tahan lama atau lebih awet. Bahan GRC tahan dengan berbagai macam cuaca, jadi GRC tahan dengan panas matahari maupun hujan.

Kekurangan dari kubah masjid GRC adalah biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya lebih mahal. Selain itu untuk pembangunannya diperlukan waktu yang cukup lama karena harus memperhatikan konstruksi, dan rancangan. Perhitungan yang dilakukan haruslah teliti agar dapat kubah masjid dengan kualitas yang baik. Tidak hanya itu, karena menggunakan bahan cor, maka harus memperhatikan konstruksi masjidnya. Harus memperhitungkan pondasi masjid yang kuat, hal ini karena bertujuan agar dapat meopang kubah masjid GRC secara kokoh. Jarak antara bangunan dan kubah masjid harus benar-benar rapat, karena menghindari adanya kebocoran yang ada di sekitar kubah masjid.

Kubah Masjid Enamel

Kubah Masjid Enamel


Berbeda dengan kubah masjid GRC, kubah masjid enamel menggunakan bahan dasar baja ringan. Kubah jenis ini dibuat dengan panel enamel dan juga galvalum. Meskipun secara kualitas kekuatan masih di bawah dari kubah masjid GRC namun, kubah masjid enamel ini lebih mudah. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat kubah masjid enamel lebih hemat dibandingkan dengan kubah masjid GRC. Anda bisa menghitung harga kubah masjid enamel melalui simulasinya. Sehingga anda bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membuat kubah masjid enamel.

 Selain itu untuk kemudahan dalam mendekorasinya membuat kubah masjid enamel pilihan tepat untuk keindahan masjid. Karena berbahan dasar baja ringan, maka tidak perlu pondasi masjid yang ekstra kuat. Dengan pondasi yang cukup pun bisa menopang kubah masjid secara sempurna. Keunggulan berikutnya adalah kubah masjid enamel ini mudah untuk diperbaiki saat ada kerusakan atau permasalahan. 

Jika anda ingin membuat kubah masjid enamel, saya rekomendasikan di Anugerah kubah. Anugerah kubah merupakan kontraktor kubah masjid professional & terpercaya dan dipercaya memasang lebih dari seribu kubah di Indonesia dan Mancanegara. Anugerah kubah menyediakan layanan pembelian & pembuatan masjid dengan bahan berkualitas dan awet se-Asia Tenggara. Anugerah kubah mempunyai tim professional yang berpengalaman lebih dari lima tahun dalam pembuatan kubah masjid.

Semoga artikel kali ini dapat mereferensi anda dalam pembelian dan pembuatan kubah masjid, terima kasih.



Berlangganan via Email