Tutorial Discord Android Untuk Komunikasi dan Game - falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Discord Android Untuk Komunikasi dan Game

Discord pada hakikatnya merupakan suatu aplikasi chatting, voice note, dan video call selayaknya Skype yang bisa digunakan jika kedua belah pihak sama – sama memiliki jaringan internet. Discord sebenarnya bisa digunakan untuk beragam kepentingan, hanya saja memang saat ini tutorial discord android untuk gamer lebih banyak dibahas.  

Padahal selain bisa dijadikan alat komunikasi untuk gamer, discord juga bisa digunakan sebagai media komunikasi untuk diskusi dan kebutuhan personal. Discord sendiri bisa digunakan di berbagai perangkat, termasuk di smartphone android. 

Bagi Anda pengguna android yang belum pernah menggunakan discord dan ingin mencobanya, berikut kami berikan tutorial discord android selengkapnya untuk main game atau untuk kepentingan komunikasi lainnya. Let’s check these out!

Tutorial Discord Android Untuk Komunikasi dan Game 

Tutorial Discord Android Untuk Komunikasi dan Game


Walau awalnya dibangun untuk menjadi alat komunikasi bagi komunitas gamer, namun sekarang ini discord yang sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna sudah bisa digunakan sebagai media komunikasi untuk berbagai keperluan. 

Pengguna discord juga dapat bergabung dengan server yang bersifat pribadi atau publik. Banyak remaja yang menggunakan discord karena aplikasi ini memang dinilai punya banyak kelebihan yang menjadi pembeda dengan aplikasi yang lain.

Discord terintegrasi dengan berbagai macam platform populer seperti YouTube atau Twitch sehingga pengguna dapat menyinkronisasikannya ke akun discord yang ia miliki. Melalui discord, pengguna dapat bergabung dengan grup yang mengundang mereka atau membuat server obrolan pribadi dan mengundang teman – teman yang lainnya. 

Setiap server pada discord, dapat dipecah menjadi channel yang merupakan ruang obrolan untuk membahas topik tertentu. Server dan channel ini memiliki izin akses yang berbeda untuk setiap pengguna yang berbeda. Karena itu sejak sekolah online digalakkan, discord bahkan menjadi salah satu aplikasi belajar yang banyak digunakan guru untuk menyediakan media ajar bagi murid. 

Sejak saat itu discord semakin dikenal di berbagai kalangan tidak hanya di kalangan gamer saja. Mengenai tutorial discord android untuk keperluan komunikasi dan game, caranya sama saja. Mudah banget pastinya. 

Langkah – langkahnya sebagai berikut : 

  1. Pertama – tama tentu Anda harus download dulu discord di HP android Anda
  2. Setelah itu tampilan awal discord akan muncul
  3. Kotak dialog login dan register akan muncul. Anda yang sudah memiliki akun discord bisa langsung menekan pilihan login untuk masuk ke discord. Sementara  jika Anda masih belum memiliki akun bisa klik Register untuk mendapatkan izin pembuatan akun discord.
  4. Setelah klik registrasi bagi Anda yang belum punya akun, setelah itu isi biodata Anda secara lengkap pada kotak yang tersedia.
  5. Nantinya akan muncul kode verify capta dan isi sesuai dengan petunjuk yang muncul
  6. Kalau sudah, akan muncul beberapa opsi yang bisa Anda pilih. 
  7. Jika ingin chat dengan teman maka pilih chat with friends. Akan tetapi jika ingin komunikasi untuk bermain game, pilih voice chat while gaming. Sesuaikan saja dengan pilihan Anda karena banyak pilihan menanti Anda.
  8. Tampilan discord akan berubah. Anda akan menemukan beberapa pilihan status di antaranya All (semua teman yang terhubung dengan akun discord Anda), Online (daftar atau list user discord yang sedang aktif), Pending (user dalam kondisi idle atau menunggu) dan Blocked (user yang Anda blokir)
  9. Pada aplikasi discord, tersedia dua cara untuk membuat grup atau obrolan yaitu membuat server sendiri atau join ke server user lain. 
  10. Untuk pelajar yang menggunakan discord untuk tujuan belajar atau biasanya remaja yang suka bergabung dalam sebuah obrolan akan memilih join ke server user. 

Akan tetapi jika Anda punya topic dan ingin membuat server sendiri, Anda bisa melakukannya. 

Untuk membuat server sendiri melalui discord, caranya sangat mudah. Tutorial discord android dalam pembuatan server caranya sebagai berikut : 

  1. Pertama - tama Anda tekan bagian garis 3 pada pojok sebelah kiri atas
  2. Tekan icon (+)
  3. Pilih ‘create a server’ untuk membuat server discord
  4. Pada bagian server name, isikan nama server. Kemudian pada bagian server region, isikan server yang Anda gunakan.
  5. Jika sudah, klik create
  6. Ketika server sudah terbuat, akan muncul link server discord yang bisa Anda share kepada tim atau anggota grup Anda untuk bergabung dengan menggunakan server yang baru saja Anda buat
  7. Kemudian Anda bisa membuat channel pada server yang telah Anda buat dengan menekan tombol (+)
  8. Isi data channel name, channel type dan tekan centang
  9. Untuk memulai voice, tekan connect
  10. Berhasil!

Tara, sekarang Anda sudah bisa berkomunikasi dengan satu tim atau anggota grup Anda. Sangat mudah bukan tata cara membuat server dalam tutorial discord android kali ini? 

Fitur – Fitur Aplikasi Discord Android

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan Discord, platform komunikasi yang hadir dengan berbagai macam server untuk berbagai kebutuhan termasuk game ini memiliki fitur yang sangat melimpah. Adapun beberapa fitur yang dihadirkan di antaranya : 

Akses yang mudah

Melalui Discord, Anda bisa tetap terhubung dengan teman – teman ketika sedang bermain game melalui berbagai macam platform. Jadi, Discord ini tersedia secara eksklusif untuk menunjang kebutuhan komunikasi dalam komunitas atau untuk menunjang kebutuhan mobile gaming pengguna. 

Discord hadir dengan interface yang mudah digunakan sehingga bahkan orang awam yang belum pernah menggunakan Discord pun bisa menggunakannya. Anda bisa menggunakan Discord untuk berbagai platform baik PC atau android dan iPhone. 

Anda yang belum download aplikasi yang satu ini dan tertarik untuk download Discord setelah membaca tutorial discord android yang Anda bagikan, sekarang Anda bisa download di Play Store atau App Store.

Menjamin keamanan informasi pengguna

Anda yang akan mendownload Discord tak perlu merasa khawatir dengan keamanan informasi yang Anda unggah pada setiap akun. Discord menjamin keamanan setiap akun yang sudah didaftarkan.

Aplikasi ini memiliki server yang sudah terenkripsi sehingga setiap pesan yang masuk dari masing – masing perangkat sudah dipastikan terjamin keamanannya. Anda tak perlu khawatir ada hal – hal yang disalahgunakan mengenai akun yang Anda daftarkan.  

Fitur voice chat tanpa mengganggu aktivitas ngegame

Untuk Anda yang suka main game dan chat via Discord tak perlu khawatir karena aplikasi yang satu ini memiliki sistem untuk menjadikan pengguna bisa melakukan voice chat tanpa mengganggu sistem yang berjalan di CPU. 

Dengan demikian frame rate ketika bermain game tak akan turun ketika Anda menggunakannya. Hal ini akan membuat sensasi bermain game menjadi semakin nyaman dan menyenangkan. 

Komunitas

Jika Anda merasa bingung ketika pertama kali menggunakan Discord, Anda tak perlu khawatir karena sudah ada komunitas sesuai minat yang bisa Anda ikuti. Melalui situs Discord, Anda pun bisa langsung mencari tahu dan bergabung untuk berinteraksi dengan semua komunitas yang ada. 

Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, aplikasi discord sangat membantu untuk memudahkan komunikasi. Semua hal bisa terselesaikan dengan baik melalui komunikasi discord. Jadi, Anda yang belum download pahami tutorial discord android di atas dan download sekarang juga aplikasinya!