Tutorial FYP TikTok, TikTokers Pemula Wajib Coba! - falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial FYP TikTok, TikTokers Pemula Wajib Coba!

Pengguna android atau iPhone pasti sudah tahu kalau sekarang ini sedang tren sebuah aplikasi video pendek yang bersifat hiburan yaitu TikTok. Banyak TikTokers pemula dari berbagai usia yang kemudian mencari tutorial FYP TikTok yang ampuh agar video yang diunggah melalui akun TikTok pribadinya viral. 

Mungkin Anda juga salah satu pendownload TikTok atau TikTokers pemula yang juga mencari tutorial FYP TikTok untuk kebutuhan viral konten Anda? Berikut kami akan bagikan tutorial yang bisa Anda coba!

Tutorial FYP TikTok Untuk TikTokers Pemula

Tutorial FYP TikTok, TikTokers Pemula Wajib Coba!


Aplikasi yang sebenarnya meluncur sejak September 2016 dan diprakarsai oleh Zhang Yiming ini merupakan pendiri Toutiao. Hanya saja aplikasi TikTok baru populer di Indonesia pada beberapa tahun terakhir. 

Sejak kepopuleran TikTok, banyak pengguna TikTok pemula atau TikTokers yang gencar mencari tutorial untuk membuat konten di TikTok agar bisa fyp atau viral. Fyp sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari For Your Page yang artinya konten yang disarankan tampil pada halaman Anda sebagai pengguna.

Jika Anda juga mencari informasi yang sama yaitu tentang tutorial fyp TikTok, berikut beberapa tutorial fyp TikTok yang bisa Anda coba lakukan untuk membuat konten viral. Langkah – langkah untuk membuat konten viral di TikTok sebagai berikut : 

Buat konten yang dapat meningkatkan engagement

Jika Anda ingin konten TikTok Anda fyp, hal pertama yang Anda perlu perhatikan adalah konten yang Anda buat apakah memiliki materi yang dapat meningkatkan engagement atau tidak. Jadi selain memperhatikan kualitas video, Anda juga harus memperhatikan kualitas materi juga.

Anda bisa menggunakan materi konten yang lucu, unik, nyeleneh, dan pastinya harus original. Jangan menjiplak atau menggunakan konten yang menimbulkan pro kontra karena untuk konten yang bersifat menimbulkan pro kontra biasanya meskipun fyp tidak akan bisa bertahan lama. Dan Anda pun harus siap untuk panen hujatan di kolom komentarnya. 

Sangat dianjurkan membuat konten yang bermanfaat

Agar konten yang Anda upload tidak hanya sekedar fyp namun juga bisa mendapatkan banyak pengikut, maka pastikan buat konten yang tidak hanya sekedar viral atau sekedar menghibur melainkan konten yang bermanfaat. 

Semakin konten Anda bermanfaat maka akan membuat pengikut berdatangan karena ingin merasakan informasi bermanfaat yang Anda bagikan dari konten Anda. Untuk saat ini, konten – konten seperti informasi investasi, cara menghasilkan uang cepat, tips bisnis, tips memilih perguruan tinggi, tips mencari beasiswa menjadi konten – konten bermanfaat di TikTok yang sedang banyak viewersnya. Jadi, Anda bisa coba buat jika memang memiliki minat di salah satu bidang tersebut.

Sering – seringlah ikut trend dan challenge TikTok

Tutorial fyp TikTok selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah membuat konten yang sedang tren. Hampir setiap hari di TikTok ada saja tantangan unik atau TikTok challenge yang dibuat pengguna. 

Ketika tantangan tersebut viral, kini waktunya Anda mencoba tantangan versi diri Anda sendiri. Kemudian setelah merekam challengenya, upload di akun TikTok. Dengan mengikuti tantangan atau challenge yang sedang tren, menjadi hal yang sangat ampuh untuk meningkatkan traffic dan engagement Anda. 

Gunakan lagu yang sedang hits

Cara mudah agar konten yang Anda upload di TikTok cepat viral adalah mengupload konten dengan lagu yang sedang hits di negara Anda. Masukkan potongan lagu yang sedang viral di TikTok tersebut kemudian jadikan backsound dari video yang Anda buat. 

Cara ini terbukti menjadi salah satu tutorial fyp TikTok yang sangat ampuh sampai saat ini. Namun Anda juga harus memperhatikan isi konten video Anda. Jangan asal pakai lagu yang populer saja. Pastikan backsound lagu populer tersebut sesuai dengan isi video yang Anda buat karena jika tidak, kemungkinan orang nonton video Anda sampai selesai akan sangat kecil.

Anda bisa gunakan musik yang sedang viral di Indonesia atau di negara lain. Banyak banget musik viral yang biasanya akan muncul di fyp Anda. Anda bisa simpan untuk menjadi backsound konten Anda kemudian harinya.

Jangan lupa gunakan hashtag

Cara lain yang Anda bisa lakukan agar video bisa muncul di halaman fyp Anda adalah dengan memanfaatkan berbagai hashtag yang sedang trending. Pastikan juga Anda gunakan satu atau beberapa hashtag yang relevan dengan video Anda.

Misalkan, Anda bisa gunakan hashtag #bisnis #tipsbisnis #tutorialbisnis dan sebagainya untuk konten bisnis. Anda juga bisa gunakan hashtag #tipsmakeup #makeup dan sebagainya untuk konten tutorial make up. Dan masih banyak contoh – contoh lainnya. 

Selain itu Anda juga bisa gunakan hashtag #fyp #foryourpage #foryou. Hashtag – hashtag yang berkaitan dengan fyp ini membuat pencarian konten Anda lebih mudah dan biasanya konten yang sedang viral memiliki hashtag tersebut pada konten yang diunggah. Beberapa hashtag tersebut dipercaya sangat ampuh dalam membantu peningkatan popularitas konten atau video yang diunggah. 

Upload video dengan durasi pendek

Pengguna TikTok kebanyakan suka dengan video yang durasinya pendek. Hal ini karena pengguna TikTok suka dengan sesuatu yang ringkas dan tidak suka menunggu video yang durasinya lama. Algoritma TikTok ini tentu berbeda dengan algoritma YouTube. Hal tersebut karena kebiasaan penonton video di YouTube dengan penonton video di TikTok juga berbeda. 

Anda harus memahami bahwa durasi video yang terlalu panjang dapat membuat pengguna TikTok cepat bosan dan langsung swipe video sebelum videonya selesai sehingga hal ini mengakibatkan engagement video Anda rendah atau berkurang. 

Jadi tugas Anda dalam membuat konten video untuk TikTok adalah manfaatkan durasi video terpendek untuk memaksimalkan isi konten video yang Anda upload. Jadi buat video singkat namun dengan isi yang bagus. 

Upload video pada jam – jam ramai 

Sebelum upload video di TikTok, sama halnya dengan upload video di YouTube, Anda harus tahu kapan prime time yang bagus untuk upload. Pilih jam – jam paling ramai untuk upload video di TikTok. Sebagai informasi khusus untuk TikTokers Indonesia, jam – jam ramai TikTok di Indonesia sebagai berikut : 

Siang hari pukul 12.00 – 13.00 ketika orang – orang sedang istirahat dan butuh hiburan

Sore hari pukul 15.00 – 17.00 ketika orang – orang sudah pulang kerja

Malam hari pukul 19.00 – 23.00 di jam santai dan jam istirahat

Jangan lupa lakukan interaksi dengan TikTokers lain

Melakukan interaksi dengan pengguna TikTok yang lain sangat dianjurkan. Anda bisa mulai memberikan komentar pada video orang yang masuk di halaman fyp Anda. Dengan cara ini, akan tercipta suatu interaksi antara Anda dengan TikTokers lain

Bahkan bukan hal yang tidak mungkin juga bahwa dengan cara ini TikTokers lain berkenan untuk mampir di halaman TikTok Anda kemudian melakukan hal yang sama. Jadi sama halnya di Instagram, interaksi itu penting. 

Itulah beberapa tips dan tutorial fyp TikTok yang bisa Anda coba jika ingin konten yang Anda upload viral. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas menjadi informasi yang bermanfaat ya!