Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Dapat Save

Cara Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Dapat Save

Corel draw X7 kalian tidak bisa save? Bagi kalian yang menggeluti atau tahu tentang dunia desain, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya corel draw x7 dan bagaimana cara mengatasi corel draw x7 tidak bisa save. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini tidaklah sulit. Tapi akan sangat memusingkan kalau desain yang telah kita buat, malah hilang sebab error dan tidak bisa untuk disave. Tidak perlu cari dan langsung ke ahlinya, Kalian bisa dengan gampang dan mudah praktikkan sendiri di rumah.

Kenapa Corel Draw X7 Tidak bisa save?


Kebanyakan hal ini karena lisensi yang kalian miliki untuk aktivasi Corel Draw sudah expired, atau bahkan pihak Corel Draw sudah menemukan bahwa corel draw yang kalian gunakan lisensinya tidak original, sehingga saat kalian online di PC maupun Laptop, pihak corel bisa mendeteksi bahwa lisensi corel draw yang kalian gunakan tidak original, hal itu menyebabkan corel draw kalian terblkir dan tidak dapat save project desain yang telah kalian buat.

Corel draw X7 yang tidak bisa save kemungkinan besar sebab beberapa hal. Anda harus tahu penyebabnya, barulah perbaiki masalah yang ada tersebut secepat mungkin supaya Anda bisa menyimpan hasil desain Anda dengan baik. Pastinya file Anda tidak bisa disave dikarenakan ada gangguan sistem yang menyebabkannya tidak bisa menyimpan file yang telah dibuat.

Anda jangan resah terlebih dulu, cobalah melaksanakan beberapa cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save berikut ini. Siapa tahu dengan mengikuti langkah-langkahnya, Anda sudah bisa menyimpan file dengan baik, dan desain yang Anda buat juga aman. Tapi terlebih dulu, ketahuilah terlebih dahulu corerl draw dan fungsi-fungsinya.

Cara Mengatasi Corel Draw X7 & Tidak Bisa Save dan Masalah Lainnya

Bagaimana cara mengatasi bila file corel draw Anda yang tidak bisa menyimpan file. Kali ini yang dijadikan teladan ialah corel draw untuk versi X7. Ini juga berlaku untuk corel draw versi X4 hingga X8.

Sebelum Anda mengatasinya, ada baiknya untuk tahu gejala permasalahannya. Biasanya permasalahan muncul dikala gres pertama buka corel draw, akan muncul peringatan “Corel Draw Has Stoped Working” dan seketika tidak bisa dijalankan. Lalu, dikala bisa dipakai akan sulit untuk menyimpan, export dan import.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ialah cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save, dan ini juga berlaku untuk versi lainnya :

Baca Juga: Game Offline Terbaik Di Android Yang Membuat Quota Aman

1. Pakai Crack

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah mendownload PSI_key_2.dll download lah versi corel draw yang Anda gunakan.
  2. Setelah file tersebut didownload oleh Anda, jangan lupa untuk mengekstrak file tersebut karerna biasanya file yang didownload dalam bentuk rar. Tapi sebelumnya sambungan internet harus dimatikan terlebih dulu.
  3. Letakkan file yang sudah diekstrak pada C:/program files/Common Files/Protexis/License service
  4. Jika sudah, pastikan protexis license service sudah Anda aktifkan. Anda pun bisa mengecek aktivasi tersebut dengan melihatnya di Start>Run>ketik “service.msc” dan tekan enter. Nantinya akan terpampang bahwa  protexis licensing dalam keadaan aktif.
  5. Dan prosesnya pun selesai! Anda bisa kembali bekerja mendesain sesuatu dan menyimpannya dengan baik.

2. Mengaktivasi Corel Draw X7


Cara ini ampuh untuk mengatasi corel draw x7 yang tidak bisa save karena permasalahan lisensi yang digunakan pada aplikasi corel draw kalian. Caranya cukup mudah kalian tinggal mengikuti step-step yang ada berikut ini:

1. Download terlebih dahulu keygen di bawah ini

2. Buka aplikasi corel draw kalian 
3. Selanjutnya kalian klik di bagian pojok kanan atas


4. Langsung kalian pilih Already Purchased lalu berikutnya kalian pilih yang Enter Serial Number

5. Jalankan keygen yang tadi sudah di download
6. Pilih di bagian Select product:  CorelDRAW Graphics Suite X7

7. Copy dan kemudian paste serial number yang tertera ke aplikasi corel kemudian klik Activate Offine

8. Copy Paste Installation Code corel ke Aplikasi Aktivator

9. Klik tombol Generate Activation Code kemudian masukan kodenya lalu klik Continue

Kalau kalian berhasil dalam aktivasi coreldraw kalian, maka tampilannya akan seperti di bawah ini.



Selamat corel draw X7 kamu sudah aktiv dan bisa digunakan sebagaimana mestinya

3. Mundurkan Tanggal 

Apabila cara yang sudah dijelaskan di atas belum berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan cara lain untuk memperbaiki Corel Draw X7 tidak bisa save print export sebagai berikut:

Klik tanggal sekaligus kalender yang terletak di pojok kanan bawah.
Buka pengaturan > setting > change data.
Ganti tanggal beserta bulan dengan cara memundurkannya. Misal, sekarang adalah bulan agustus, maka ubah menjadi bulan juni. Kemudian pilih save.
Coba buka kembali aplikasi Corel Draw dan jalankan menu yang tadinya tidak berfungsi.v

4. Tips Agar Corel Draw Bebas Dari Eror

Selanjutnya adalah beberapa saran yang bisa Anda lakukan agar Corel Draw-mu tidak mengalami gangguan lagi.

Bukankah sangat menyebalkan jika sudah capek membuat desain tapi ternyata tidak bisa disimpan atau export.

Jangan menjalankan Corel Draw saat koneksi internet tersambung

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi gratisan, jangan pernah mengoneksikan internet saat sedang mengerjakan desain.

Hal ini menyebabkan anda akan terdeteksi oleh pihak Corel Draw dan kemudian aplikasimu di bisa blokir. Walhasil beberapa fitur di dalamnya tidak bisa lagi berfungsi.

5. Beli aplikasi Corel Draw original secara resmi


Ini adalah cara paling benar. Anda dapat menggunakan Corel Draw dengan nyaman dengan cara membeli produk orinya di situs resmi.

Dengan begitu Anda akan mendapatkan kode lisensi dan fitur yang tersedia juga lebih banyak.

Terutama untuk Anda yang memakai Corel Draw untuk kebutuhan kerja, sangat sayang jika masih memakai aplikasi gratisan.

Sebagai upaya berjaga-jaga, sebaiknya cek terlebih dahulu fitur-fitur yang ada sebelum Anda mulai mengerjakan desain.

Pastikan bahwa menu, seperti save, export, dan lainnya tidak terblok warna abu-abu.

Definisi Aplikasi Corel Draw


Mungkin bagi Anda yang bukanlah anak desain grafis kurang begitu tahu arti dari corel draw itu, apa lagi corel draw X7. Corel draw ialah aplikasi yang berkhasiat atau berfungsi untuk mendesain dengan berbasis vektor atau garis.

Corel draw ini bisa dipakai untuk menciptakan kartu nama, desain logo suatu perusahaan, bisnis makanan dan lain sebagainya, kartu nama, poster, kalender, dan lainnya yang masih berafiliasi dengan dunia digital dan grafis. Untuk mempelajarinya, Anda memerlukan waktu untuk bisa memahami hingga bisa menciptakan sebuah karya dari corel draw.

Corel draw sangat diperlukan untuk bisnis percetakan sebab di bisnis ini, corel draw sanggup dipakai untuk menciptakan kartu nama, kalender, cover buku dan lain sebagainya. Tapi kalau sudah rusak, maka akan sangat menjengkelkan, bukan?

Sebagai seorang desainer bidang grafis, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save dikala duduk kasus tersebut muncul di tengah-tengah Anda bekerja. Jangan hingga Anda mendesain ulang sebab agenda yang error dan tidak bisa disave.

Perlu Anda ketahui, sebab corel draw berbasis verktor atau garis yang menciptakan file yang dibentuk mempunyai ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan bitmap. Jadi, tidak terlalu banyak memenuhi ruangan di room disk komputer milik Anda. Serta bila ada duduk kasus pun cukup gampang diatasi. Sebelum adanya X7, corel draw telah melewati masa yang cukup panjang dari mulai awal tercipta hingga secanggih dan semudah menyerupai kini ini.

Video Tutorial



Sejarah Perkembangan Corel Draw


Kita sudah tahu bahwa corel draw ialah aplikasi atau software pengolah grafis yang berbasis vektor atau garis. Mungkin Anda hanya tahu bahwa corel draw hanya hingga X7 saja. Padahal kini sudah tercipta corel draw hingga versi yang kedelapan. Memang file corel draw kecil bila dibandingkan dengan bitmap, tapi untuk kini ada corel draw yang menyertakan filter-filter pengoleh bitmap.

Itu dilakukan sebagai penataan objek yang ada dalam sebuah komposisi gambar yang Anda inginkan. Dan itu juga tergantung dari imajinasi desainer yang mengolah data tersebut. Sebelum membahas wacana cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save Anda harus tahu sejarah dari corel draw ini sendiri. Corel draw tercipta pada tahun 1989. Pusat pengembangan corel draw sendiri berada di Otawa, Canada dan nama perusahaannya ialah Corel Corporation.

Corel draw memang dirilis pada tahun 1989, namun telah diciptakan oleh Dr. Michael Cowpland pada tahun 1985. Ternyata dia bukanlah pemilik Corel Corporation, namun dia ialah seorang staf di sana. Dan dia bertugas menjual produk Corel kepada distributor belakang layar based desktop publishing system.

Kemudian pada tahun 1987, Corel Corporation merekrut Michael Buoillon dan  Pat Beirnet sebagai programmer di perusahaan tersebut dan berhasil meluncurkan Corel Draw 1.0 yang dirilis pada tahun 1989 yang bertepatan dengan perilisan windows 3.1 Dari 1989 tersebut hingga sekarang, Corel Corporation telah merilis Corel Draw dengan versi menyerupai berikut :
  1. Corel Draw Versi 1.0 dirilis tahun 1989
  2. Corel Draw versi 2.0 pada tahun 1990
  3. Corel Draw versi 2.5 pada tahun 1991
  4. Corel Draw versi 3.0 pada tahun 1992
  5. Corel Draw versi 4.0 pada tahun 1993
  6. Corel Draw versi 5.0 pada tahun 1994
  7. Corel Draw versi 6.0 pada tahun 1995
  8. Corel Draw versi 7.0 pada tahun 1996
  9. Corel Draw versi 8.0 pada tahun 1997
  10. Dan seterusnya hingga ke versi X8 yang dirilis pada tahun 2016 yang lalu. Memang tiap tahun perusahaan ini selalu menunjukkan format terbaru untuk Corel Draw.

Seiring berkembangnya corel draw, tidak menutup pula adanya kerusakan dan terjadi error system pada agenda ini. Salah satu yang sering terjadi ialah sulitnya untuk mengesave file. Mari simak cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save yang gampang dan cepat untuk Anda pahami.

Tidak sulit, bukan? Ikuti tutorial cara mengatasi corel draw X7 tidak bisa save tersebut supaya Anda tidak panik lagi dikala Corel Draw Anda error tidak bekerja dan lebih parahnya lagi tidak bisa menyimpan data Anda, selamat mencoba!