Widget HTML Atas

Aplikasi Video Conference Untuk Silaturahmi Online Lebaran

Aplikasi video conference sudah sangat menyabar luas penggunaanya. Di tengah pandemi covid-19 yang tak kunjung reda, maka kita dipaksa untuk lebih bersabar terlebih dahulu dalam menjalankan aktivitas. Tak terkecuali dengan aktivitas silaturahmi yang akan kita lakukan, dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Umat islam di Indonesia setidaknya harus bersabar dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri Tahun ini, pasalnya demi meredanya pandemi covid-19 dan menjaga kesehatan kita semua.

Kegiatan silaturahmi umumnya kita lakukan saat Hari Raya Idul Fitri, setelah sholat id berjamaah. Umat islam di Indonesia biasanya melakukan salam-salaman, berkunjung ke rumah tetangga dan saudara untuk saling meminta maaf. Tapi, kondisi saat ini kita harus menerapkan sosial distancing dan physical distancing, sehingga tidak mungkin untuk kita melakukan salam-salaman dalam bersilaturahmi. Apalagi pemerintah juga sedang menghimbau untuk tidak mudik. Namun tenang saja berkat kecanggihan teknologi, kita masih dapat bersilaturahmi dengan keluarga, meskipun harus menerapkan sosial distancing dan physical distancing. Yaitu dengan cara menggunakan Aplikasi Video Converence. Nah berikut daftar Aplikasi Video Conference untuk Silarahmi Online Lebaran.

Aplikasi Video Conference untuk Silarahmi Online Lebaran

Aplikasi Video Conference Untuk Silaturahmi Online Lebaran

1. Zoom Meeting

zoom

Aplikasi yang pertama adalah zoom. Aplikasi untuk video conference ini sudah terkenal di Indonesia. Hampir seluruh video converence yang ada di Indonesia mayoritas menggunakan aplikasi zoom meeting. Dengan kapasitas hingga 1000 orang dalam meeting, membuat zoom menjadi pilihan banyak orang untuk menggunakannya.

Zoom cocok untuk dijadikan aplikasi saat kalian silaturahmi online. Bayangin aja kelian tetap bisa mengobrol, bercerita, bertukar kisah, tertawa dan menanyakan kabar sanak saudara ataupun orang tua yang jauh dari tempat tinggal kalian sekarang, bahkan hingga kapasitas 1000 orang.

Tentunya aplikasi zoom ini bisa jadi pilihan untuk kalian silaturahmi onlie.

2. Google Hangout

google hangout

Aplikasi dari sang raksasa yaitu Google, juga cukup terkenal di kalangan masyarakat. Namun, tidak begitu santer terdengar di Indonesia. Google Hangput ini menggunakan layanan G suite yang disediakan oleh Google.

Kalian bisa membuat undangan meeting di aplikasi google calender untuk kemudian dihubungkan ke dalam Google Hangout. Google Hangout ini mempunyai User interface yang mudah digunakan oleh penggunanya, dan disediakan fitur chat dan tidak usah khawatir karena sudah adanya enkripsi end to end sehingga chat kalian aman.

3. Whatsapp

Whatsapp

Aplikasi selanjutnya yaitu whatsapp. Aplikasi sejuta umat yang biasa digunakan untuk pesan instan ini memang diketahui memiliki fitur untuk video call. Saya yakin banyak dari penggunanya sudah pernah mencoba vitur untuk video call.

Untuk melakukan video conference di whatsapp caranya adalah:

dengan melakukan penggilan video di dalam grup whatsapp. Jadi untuk bisa melakukan video conference haruslah memiliki grup terlebih dahulu, untuk selanjutnya baru bisa melakukan panggilan video grup.

Whatsapp bisa jadi pilihan untuk silaturahim online, namun aplikasi ini mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa melakukan video call lewat komputer atau laptop. Jadi jika kalian ingin menggunakna fitur video call, kalian harus memakai hp atau smartphone.

4. Slack

Slack

Slack sebenarnya adalah aplikasi untuk menunjang aksebilitas dalam bekerja. Sebagian besar fitur dari slack ini mirip dengan email. Namun jangan salah, slack juga mempunyai fitur chat.

Selain fitur chat, slack ternyata juga mempunyai fitur video call. Sehingga bisa menjadi pilihan kalian dalam silaturahmi online dengan menggunakan aplikasi slack. Namun kapasitas untuk mengikuti video conference pada aplikasi ini dibatasi hanya 15 orang.

5. Facetime

facetime

Aplikasi ini adalah milik Apple. Pengguna iOS mungkin sudah familiar dengan aplikasi facetime ini. Karena aplikasi ini adalah buatan Apple maka sudah pasti aplikasi ini hanya mendukung untuk perangkat apple saja, seperti iPhone, iPad, iMac, iPod, dan Macbook.

User interfacenya sangat mudah, dan sangat mudah dipahami oleh pengguna, walaupun itu pengguna baru sekalipun. 

Fitur yang menarik di facetime ini adalah kalian dapat menambahkan emoji ke dalam video conference kalian, sehingga menambah keseruan obrolan kalian.

Kelemahan aplikasi ini adalah hanya bisa digunakan oleh perangkat Apple, jadi bagi kalian yang mau facetime an dengan teman, pastikan dulu mereka punya device yang diproduksi oleh Apple, agar dapat mendownload facetime.

Itulah Aplikasi Video Conference Untuk Silaturahmi Online Lebaran semoga bermanfaat agar kita tetap bisa menjalin silaturahmi walau secara online. Aplikasi mana yang sudah pernah kalian gunakan?
RajaBackLink.com
Hosting Unlimited Indonesia

Berlangganan via Email