Widget HTML Atas

Cara Membuat Aplikasi Android Di Laptop Mudah

Cara Membuat Aplikasi Android Di Laptop
falahbayhaqi.com

Smartphone kini sudah menjadi kebutuhan wajib seluruh orang di dunia. Smartphone diakui mampu memudahkan berbagai aktivitas manusia mulai dari berkomunikasi, menangkap gambar, menekuni hobi, mencari hiburan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kebutuhan aplikasi di android pun meningkat. Anda bisa berburu aplikasi android di playstore. Di sana Anda akan menemukan berbagai jenis aplikasi, mulai dari yang gratis sampai dengan berbayar. Namun sudahkah Anda tahu bahwa Anda juga bisa membuat aplikasi android sendiri? Bagaimanakah cara membuat aplikasi android di laptop?

Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia pemrograman pasti sudah tidak asing dengan skrip Java. Bahasa pemrograman tersebut merupakan dasar bagi anda untuk memulai membuat aplikasi android. Sebab itu, jika Anda masih pemula, ada baiknya untuk memulai belajar skrip Java. Setelah laptop dan kemampuan bahasa dasar pemrograman sudah dikantongi, cara membuat aplikasi android semakin mudah bagi Anda jika memerhatikan hal-hal berikut ini.

Baca Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri

11 Hal Dasar Cara Membuat Aplikasi Android di Laptop Yang Perlu Dilakukan

1. Spesifikasi minimal laptop

Nantinya Anda akan menggunakan piranti lunak untuk membuat aplikasi. Piranti tersebut berukuran besar, sehingga laptop yang digunakan minimal harus core i3 atau setaranya dan RAM sebesar 2GB dengan saran 8GB.

2. Tempat aplikasi akan digunakan

Hal ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Anda harus memikirkan di mana atau seperti apa aplikasi tersebut digunakan. Mulailah dengan spesifik menentukan lokasi pengguna akan memakai aplikasi android tersebut karena akan memengaruhi desain aplikasi itu sendiri. Jika aplikasi berhubungan dengan aspek geo-location maka Anda bisa menghubungkan kepada Global Positioning System (GPS). Setelah itu aplikasi harus memuat tulisan yang besar dan mudah dibaca ketika sedang digunakan dalam mobilitas.

3. Tujuan utama aplikasi

Cara membuat aplikasi android di laptop selanjutnya adalah dengan melakukan pendekatan berbasis tujuan relatif aman dan presisis. Anda dapat membuat riset terlebih dahulu untuk menilai kebutuhan dan keinginan pasar.

4. Install JDK dan JRE

Java development Kit merupakan kotak perlatan yang berguna untuk membangun kode-kode java yang akan menjadi basis java saat digunakan untuk membuat aplikasi android. Semakin mudah apabila menginstall aplikasi ini sebagai salah satu cara membuat aplikasi android di laptop.

5. Install SDK android

Merupakan library emulator untuk menjalankan aplikasi android dalam komputer. SDK memerlukan kuota yang besar sehingga pastikan Anda memiliki wifi yang kencang di tempat kerja.

6. Desain yang jelas

Buatlah ikon menu utama yang sederhana dan tambahkan ikon yang relevan. Jangan sampai ada mispersepsi antara Anda dengan pengguna mengenai aplikasi Android tersebut. jika terjadi berarti Anda gagal menyampaikan nilai dari aplikasi yang Anda buat.

7. Desain dan ukuran yang suportif

Spesifikasi HP kini telah beragam misalnya adalah layar yang berbeda-beda oleh karenanya sesuaikan aplikasi Anda dengan perangkat yang user gunakan.

8. Multi user dan multi device

Pertimbangkan untuk membuat fitur multi user dan multi device. Jadi, rancanglah proses registrasi yang memngungkinkan memiliki akun yang dapat digunakan dalam dua atau lebih pernagkat yang berbeda. Kunci cara membuat aplikasi android disini, jangan terlalu berbelit cukup beri estimasi waktu 1 menit pengisisan.

9. Platform sesuai

Anda dipermudah oleh tersedianya bermacam-macam platform di internet. Anda dapat memilihnya dengan menyesuaikan tujuan dan kebutuhan aplikasi. Pastikan Anda juga telah menggunakan kode generic dan tipe produk yang tepat, yang mana merupakan salah satu cara mmebuat aplikasi android di laptop.

10. Warna yang menyampaikan nilai yang tepat

Pikirkan mengenai perbedaan warna di dalam alikasi Anda. Misalnya dalam tombol pertama warna lebih cerah dibanding yang lainnya untuk memberikan arti bahwa tombol pertama untuk memulai adalah berfsifat penting. Selain itu, Anda bisa memikirkan psikologi warna. Contohnya warna oranye memiliki arti rasa urgensi.

11. Feedback dan evaluasi

Jangan kesampingkan umpan balik dan evaluasi dari pengguna. Masukan dari mereka sangat memengarungi kepuasan dan improvement di masa depan.

11 elemen di atas merupakan hal-hal yang harus anda jadikan acuan dalam memulai membuat aplikasi. Jika Anda sudah paham betul, mari lanjut ke topik bagaimana cara membuat aplikasi android di laptop selanjutnya, yakni perangkat lunak yang membantu kerja Anda.

Baca Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Coding

5 Referensi Perangkat Lunak

1. Netbeans

Software ini memang dikhususkan sebagai cara membuat aplikasi android di laptop sebab bahasa pemrogramannya yang masih berupa Java. Netbeans menjamin semua bisa mengakses piranti lunaknya secara cuma-Cuma karena mereka open source licensed.

Disini, Netbeans adalah salah satu software yang termudah daripada lainnya untuk digunakan. Tetapi perlu diingat bahwa Netbeans mempatenkan Java GUI yang sedang dikerjakan ke dalam generated code sehingga tidak dapat diedit secara manual.

2. Andromoro.com

Bagi Anda yang tidak memiliki RAM yang sesuai tentunya menjadi harapan untuk tetap membuat aplikasi sebab Andromoro.com merupakan website.

Andromoro menyajikan full tools dengan lisensi khusus tetapi masih ada yang dalam versi gratis jika Anda masih ingin coba-coba.

Selain itu, mereka juga menyajikan tutorial penggunaan sehingga Anda tak perlu pusing mencari di internet. Serta mereka memberikan sebuah link informasi yang dibutuhkan user untuk melengkapi pembuatan aplikasinya.

3. GENWI

Software dalam cara membuat aplikasi android selanjutnya adalah GENWI. Saya merekomendasikannya juga untuk Anda sebab dalam pembuatan aplikasi yang sudah selesai, Anda masih bisa mengedit dan merevisinya berulang kali. Pastinya ini akan menjawab kendala-kendala yang ternyata hanya bisa dievaluasi setelah aplikasi selesai dibuat dan diuji cobakan.

Tak hanya itu Anda juga bisa menambahkan iklan, kupon, dan fitur penarik lain ke dalam aplikasi yang Anda buat sendiri.

4. Eclipse

Software ini berbentuk IDE (Integrated Development Environment) yang berarti Anda bisa menggunakan software ini sebagai salah satu cara membuat aplikasi di laptop, dengan benar-benar mulai dari awal atau hanya mengembangkannya dengan sistem clone saja.

Aplikasi ini banyak sekali digunakan oleh pengembang game sebab kegunannya yang sangat baik. Lazimnya, software ni digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi Java. Bahas pemrograman lainnya juga dapat diakses melalui beberapa plugin. Penggunaan Eclipse juga enteng karena hanya memerlukan laptop dengan RAM 2GB. Namun, laptop Anda dapat saja mengalami penurunan kecepatan yang signifikan lantaran emulator untuk menjalankan aplikasi harus mencari dari sumber lain.

Software ini bersifat gratis dan opensource, sehingga tentunya tidak menyulitkan Anda yang mungkin baru merintis pekerjaan dengan menggunakan cara membuat aplikasi android dengan Eclipse.

5. Android Studio

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini merupakan pengembangan dari Eclipse dan dibuat berdasarkan Java popular. Android Studio memiliki fitur-fitur yang baru dibandingkan pendahulunya. Diantaranya Gradle-based build system yang fleksibel, code editor cerdas, layout editor mudah dimengerti, template yang mendukung Google Services dan berbagai macam perangkat, dan masih banyak lagi.

Software ini cocok bagi pemula yang ingin meningkatkan level sebagai cara membuat aplikasi android di laptop, serta penggunaan RAM yang cukup besar yakni mencapai 4 GB.

Beberapa pengetahuan dan langkah dasar di atas dalam pembuatan aplikasi android sangat menambah informasi bukan? Semoga cara membuat aplikasi android di laptop dapat memudahkan pekerjaan Anda.

RajaBackLink.com
Hosting Unlimited Indonesia

Berlangganan via Email