Widget HTML Atas

Tips Dan Cara Membuat Aplikasi Di Android Sendiri Dengan Singkat

Cara Membuat Aplikasi Di Android Sendiri
falahbayhaqi.com

Di era teknologi seperti saat ini, manusia sudah mengandalkan beragam aplikasi dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan mereka. Entah itu dalam berbelanja, mengirim barang, memesan makanan, mendaftar pekerjaan bahkan mencari jodoh sekalipun. Tahukah anda? Bahwa kita tidak hanya dapat mendownload aplikasi-aplikasi tersebut, namun dapat membuat aplikasi itu sendiri. Walaupun belum memiliki keahlian pemrograman atau koding masih ada banyak cara membuat aplikasi di android sendiri dengan cara yang singkat dan mudah. Anda bisa menyimak cara membuat aplikasi android berikut ini sebelum memulai.

Tips Dan Cara Membuat Aplikasi Di Android Sendiri Dengan Singkat


1.     Tentukan konsep dan tema dari aplikasi yang akan dibuat

Langkah pertama yang dilakukan sebelum memulai proses cara membuat aplikasi di android adalah anda harus menentukan konsep tentang aplikasi tersebut. Anda harus menentukan jenis aplikasi apa yg akan anda buat serta kegunaan dan manfaat yang akan diperoleh. Misalnya aplikasi tersebut akan digunakan untuk jual-beli online, untuk sebuah perusahaan dan sebagainya. Jika aplikasi dibuat untuk perusahaan maka tujuan penting pembuatan aplikasi adalah mendekatkan brand/produk kepada konsumen. Kemudian untuk jual-beli online agar memudahkan proses transaksi maupun penjualan.

Adapula beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses cara membuat aplikasi android ini adalah tampilan yang menarik dan fleksibilitas dalam arti dapat digunakan dalam berbagai platform serta kemudahan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Anda harus menonjolkan kelebihan aplikasi anda.

2.     Lakukan riset terlebih dahulu

Agar anda yakin terhadap ide yang sudah anda tentukan, anda perlu melakukan riset. Riset disini berfungsi untuk menjadi pondasi dan membuktikan ide aplikasi anda. Dalam melakukan riset anda dapat melakukan survey serta menganalisa penilaian dan pendapat orang tentang aplikasi competitor, sehingga anda dapat memperoleh informasi lebih.

3.     Membuat cetak biru aplikasi

Wireframe atau lebih dikenal dengan istilah cetak biru aplikasi adalah langkah selanjutnya dalam proses ini. Dalam proses cara membuat aplikasi di android ini, anda akan menerapkan semua konsep-konsep ke dalam desain aplikasi yang akan dibuat. Ini semua bertujuan agar memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang fungsi serta kegunaan aplikasi anda nantinya. Tetaplah percaya diri jika dirasa tidak cukup berkualitas karena bukan tidak mungkin aplikasi anda dapat bersaing dan memperoleh cukup profit nantinya.

4.     Pilih software yang tepat


Setelah membuat cetak biru aplikasi, langkah cara membuat aplikasi di android selanjutanya adalah menentukan perangkat lunak atau software aplikasi tersebut. Terkadang membuat aplikasi di android membutuhkan keahlian coding yang cukup rumit. Namun, sekarang sudah tersedia berbagai perangkat lunak khusus untuk memudahkan membuat aplikasi android tanpa coding yang begitu rumit.

Anda bisa menggunakan software gratis maupun berbayar. Jika anda menggunakan software versi berbayar anda akan mendapat manfaat, yaitu anda bisa memperoleh uang dari aplikasi ini. Sebagai contoh beberapa software berbayar yang bisa anda gunakan antara lain Appery, ShoutEm, The AppBuilder, Mobile Roadie, AppMaker, dan masih banyak lagi. Anda juga perlu memperhatikan keunggulan dan fitur di dalam software tersebut yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat.

5.     Mulai merancang aplikasi


Proses merancang cara membuat aplikasi android akan lebih mudah bila menggunakan software yang berkualitas. Sebagai contoh kita akan menggunakan software ShoutEm dalam proses kali ini. Untuk memulai software ini anda perlu login terlebih dahulu dengan cara memasukan alamat email serta password. Setelah anda berhasil masuk, anda bisa mulai memilih jenis aplikasi apa yang ingin dibuat sebagai contoh aplikasi musik, radio maupun bisnis. Kemudian anda bisa menambahkan foto atau logo yang sesuai dan dengan ukuran yang besar. Anda juga bisa menambahkan tema aplikasi agar tampilan layoutnya menjadi lebih menarik.

Langkah cara membuat aplikasi di android selanjutnya, tambahkan fungsi dan aktivitas ke dalam aplikasi tersebut. Fungsi akan muncul dengan tampilan layar baru pada aplikasi dan perhatikan tata letak setiap fungsi. Sesuaikan teks dengan tampilan serta kontennya. Misal anda akan menyertakan blog atau web tertentu dalam pengisian RSS dengan kiriman terbaru.

Salah satu keunggulan software ShoutEm adalah anda bisa menjadikan ini sebagai perantara apabila anda ingin mempublikasikan aplikasi yang sudah dibuat ke GooglePlay maupun iPhone. Apabila sudah dikonfirmasi dan sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang sudah dikeluarkan, maka aplikasi anda akan langsung muncul di AppStore. Hal yang sama juga berlaku untuk GooglePlay.

6.     Uji coba aplikasi


Dalam proses cara membuat aplikasi di android ini anda akan melakukan uji coba terhadap aplikasi yang sudah dibuat. Setelah selesai dengan rancangan serta fungsi-fungsi di aplikasi anda, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu. Pertama anda perlu mengunduh file APK ke dalam perangkat dan lakukan pengaturan. Tujuan dari pengaturan disini adalah memastikan tidak adanya bug atau kesalahan dalam aplikasi android anda.

Dalam proses uji coba ini anda harus melakukannya berulang-ulang dan dilakukan beberapa kali, agar memastikan bahwa aplikasi yang sudah anda buat sudah layak dan siap untuk digunakan. Jangan lupa memastikan aplikasi anda memiliki keyword yang akurat agar memudahkan para pengguna dalam pencarian dalam mesin pencari.

7.     Uji coba konektifitas


Dalam proses ini anda akan kembali menguji coba namun dalam sektor yang berbeda. Dengan melakukan uji coba konektifitas untuk memastikan apakah fungsi back end pada aplikasi tersebut bekerja dengan baik terhadap user interface. Selain konektifitas, pada tahap cara membuat aplikasi android ini anda dapat mengetes baterai agar mengetahui apakah aplikasi anda memakan banyak daya baterai atau tidak. Jangan lupa lakukan revisi jika ada kesalahan dan hal yang kurang sesuai.

8.     Lakukan beta testing sebelum perilisan

Masih ada satu lagi tahap dalam cara membuat aplikasi di android sebelum perilisan aplikasi. Memang dibutuhkan kematangan dan ketelitian sebelum merilis aplikasi ke masyarakat. Proses beta testing ini sangatlah penting untuk mengecek apakah aplikasi anda ini pantas untuk dirilis serta mengetahui unsur pro dan kontra. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui dan menyaring pendapat masyarakat demi menyempurnakan aplikasi anda sebelum peluncuran.


9.     Perilisan aplikasi

Dengan ini anda sudah menyelesaikan aplikasi anda dan sudah waktunya untuk melakukan peluncuran kepada masyarakat. Tentu saja tidak cukup sampai disini masih ada beberapa langkah yang perlu dilakukan pasca peluncuran aplikasi. Anda perlu melakukan maintenance dan update serta pengecekan server apabila aplikasi anda membutuhkan koneksi internet. Lakukan secara rutin agar memantau kinerja aplikasi anda berfungsi dengan baik atau tidak.

Adapun semua cara di atas adalah seluruh rangkaian proses cara membuat aplikasi di android yang mudah dan singkat. Memang sedikit rumit namun hasil yang memuaskan tidak dapat diperoleh secara instan. Jadi, mulailah membantu kehidupan masyarakat dengan merancang aplikasimu sendiri lewat cara membuat aplikasi android ya.
RajaBackLink.com
Hosting Unlimited Indonesia

Berlangganan via Email