Widget HTML Atas

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Coding

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Coding

Android kini tidak hanya sekedar ponsel biasa. Semakin berkembangnya teknologi, android juga semakin canggih. Tak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, android juga bisa digunakan untuk mengerjakan banyak hal. Namun, tentu harus didukung dengan aplikasi yang memadai. Kini juga semakin banyak aplikasi yang ditujukan khusus untuk android. Kali ini akan diulas bagaimana cara membuat aplikasi android dengan coding. Ada beberapa yang akan dijelaskan dalam ulasan kali ini.

 Tata Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Coding


Sebelum terjun langsung melakukan cara membuat aplikasi android tanpa coding, Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa poin penting. Hal ini perlu dilakukan agar proses pembuatan lancar dan aplikasi android yang dihasilkan pun berkualitas. Inilah tips dalam membuat aplikasi android:

  1. Menentukan Jenis Aplikasi

Sebelum membuat, tentunya Anda harus memiliki pilihan jenis apakah yang akan dihasilkan. Tentu pembuatan ini harus diawali dengan rencana yang baik. Penentuan jenis aplikasi merupakan hal mendasar dari proses pembuatan. Selain jenis aplikasi, sebaiknya Anda sudah mengerti tentang kegunaan serta fitur yang adan diterapkan pada aplikasi android.
Segala macam yang berhubungan dengan aplikasi akan menentukan bagaimana cara membuat aplikasi android, pemograman serta seluk beluknya. Aplikasi khusus jual beli tentu berberbeda dengan aplikasi music. Jika sudah dipahami dengan baik, maka kualitas dari aplikasi yang dibuat pun bisa lebih maksimal lagi. Pastikan pula aplikasi yang dibuat bisa terhubung dengan platform lain.

  1.  Menentukan Cara

Cara membuat aplikasi android dengan coding dapat dilakukan. Namun, bisa pula menggunakan aplikasi tertentu. Kelebihan menggunakan coding adalah Anda bebas membuat aplikasi seperti apapun sesuai dengan keinginan. Namun, jika Anda membuat dengan aplikasi khusus, biasanya ada keterbatasan sehingga hasil pun tidak bisa disesuaikan dengan kreativitas Anda.

  1. Memilih Perangkat

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus. Hal ini sangat memudahkan Anda karena tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman. Ada software pembuat aplikasi android, baik yang gratis maupun berbayar. Anda tinggal memilih software manakah yang mampu membantu mengeksekusi ide Anda dengan baik dengan cara pembuatan aplikasi android yang mudah.

  1. Kenali Target Pasar

Meski aplikasi ini akan diterapkan di android, bukan berarti bahwa semua orang pasti akan menggunakannya. Oleh sebab itu, selain menentukan jenis aplikasi yang akan dibuat, Anda juga harus menentukan siapa target dari aplikasi. Target inilah yang kemudian akan menentukan bagaimana tampilan serta fitur yang ada pada aplikasi.

  1. Desain yang Oke

Umumnya pengguna android akan menyukai sesuatu yang tampak menarik namun mudah digunakan. Di sini desain tampilan antar muka sangat berperan untuk menghadirkan aplikasi yang menarik, sehingga pengaplikasian cara membuat aplikasi android harus dilakukan dengan maksimal. Baik target sasaran anda kaum milenial maupun generasi yang lebih tua, pastikan aplikasi tampak berbeda namun simpel dibandingkan aplikasi lainnya yang serupa.

  1. Uji Coba

Jika semua proses sudah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba aplikasi android. Langkah ini sangat penting dilakukan sebelum aplikasi disebarluaskan di publik. Jangan sampai aplikasi diluncurkan dalam kondisi yang belum sempurna. Hal ini akan menyebabkan begitu banyak komplain yang masuk hingga merusak nilai aplikasi Anda. Pastikan semua fitur bekerja dengan baik tanpa disertai dengan lagging. Cek secara berkala dan di beberapa perangkat. Cek pula tanda keakuratan agar mudah ditemukan calon pengguna.

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Coding


Aplikasi android sangat dibutuhkan agar berbagai macam pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel. Hal ini akan memudahkan hidup banyak orang karena terbilang praktis. Oleh sebab itu, ada banyak aplikasi android yang dibuat. Cara membuat aplikasi android dengan coding akan mudah jika mengikuti petunjuk yang ada. Oleh sebab itu, untuk memudahkan pembuatan mari simak tahapan membuat aplikasi menggunakan Android Studio:

  1. Buka Aplikasi

Langkah pertama dalam cara membuat aplikasi android dengan coding yang dilakukan adalah membuka aplikasi Android Studio yang sudah terinstal. Setelah itu, klik opsi start new android project. Akan muncul kolom dimana Anda diminta untuk menuliskan nama aplikasi, maka tuliskan aplikasi mobile. Sedangkan pada kolom perusahaan bisa diisi sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan Anda. Pilih project location untuk menentukan dimana file tersebut akan disimpan. Kemudian klik next untuk memulai proses pembuatan.

  1. Menentukan Opsi

Sebelum Anda bisa memulai proses pembuatan, Anda harus menentukan terlebih dahulu sistem operasi serta tipe device yang akan menggunakan aplikasi tersebut. Karena kali ini akan diulas cara membuat aplikasi android dengan coding, maka pilihlah penggunaannya pada ponsel. Jika sudah memilih penggunaan untuk ponsel, maka atur minimum SKD pada API 15 Android 4.0.3.
Pada pilihan aktivitas default, Anda bisa memilih lembar kosong untuk aplikasi yang akan dibuat. Selanjutnya isi kolom aktivitas, layout, menu dan judul. Akan muncul beberapa kolom layout, yakni pratayang, rincian project serta atribut aplikasi. Selanjutnya, ikuti cara membuat aplikasi android dengan coding.

  1. Membuat aplikasi

Cara membuat aplikasi android ini terbilang sangat mudah. Anda bisa menggunakan coding untuk membuat aplikasi android. Namun, dengan adanya android studio maka proses pembuatan lebih mudah lagi. Bakanb ada virtual device yang berfungsi untuk menguji apakah aplikasi yang dibuat berfungsi dengan baik atau tidak. Jika belum yakin dengan hasilnya, Anda bisa mencobanya ke emulator atau langsung melalui gadget.


Mencari Perangkat Lunak Yang Sesuai

Untuk membuat aplikasi android, tentunya membutuhkan perangkat lunak yang akan digunakan. Umumnya, aplikasi android dibuat dengan cara coding yang yang detail. Namun, ada beberapa aplikasi yang akan memudahkan dalam pembuatan android. Selain Android Studio, ada beberapa aplikasi lagi yang bisa digunakan sebagai cara membuat aplikasi android dengan coding.

  1. Aplikasi Good Barber

Aplikasi satu ini sangat membantu semua orang yang hendak mengembangkan aplikasi android. Selain android, bisa juga untuk membuat aplikasi di iOS. Dengan fitur yang disediakan, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Ada banyak sekali tema menarik yang dipilih sesuai dengan mood serta kebutuhan. Ada sekitar 350 desain yang diberikan secara gratis. Selain itu, ada pula 600 fitur Google Font. Namun, tidak semua fitur bisa diakses secara gratis.

  1. Aplikasi The App Builder

Cara membuat aplikasi android dengan coding tidak perlu repot lagi. Aplikasi ini sangat membantu untuk mengembangkan aplikasi online di ponsel. Pengguna sangat mungkin untuk memintas proses pengembangan secara generic dan membuat aplikasi dalam waktu yang sangat singkat. Jika proses pembuatan mulai dari perancangan ide, pembuatan desain hingga finalisasi membutuhkan waktu yang lama, maka semua akan menjadi cepat dengan aplikasi ini.

Penjelasan lengkap mengenai cara membuat aplikasi android dengan coding, memang terasa rumit di awal. Namun, jika Anda mengikuti petunjuk yang ada maka tidak akan terasa lagi. Jika menemukan kesulitan di tengah jalan, coba perhatikan petunjuk yang ada. Jika perlu, tanyakan pada pihak yang berkompeten. Pastikan anda memiliki koneksi internet yang kuat agar tidak ada halangan dalam proses pembuatan. Selamat mencoba dan semoga sukses membuat aplikasi terbaru yang bermanfaat.
RajaBackLink.com
Hosting Unlimited Indonesia

Berlangganan via Email