Widget HTML Atas

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana

Seringkali ingin membuat aplikasi yang mana aplikasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi anda dan orang banyak? Atau ingin memiliki aplikasi yang mana aplikasi tersebut “anda banget” dilatar belakangi oleh hal apapun membuat aplikasi memang patut anda coba agar anda mengetahui bagaimana sistem jalannya sebuah aplikasi, dan tentunya agar wawasan anda semakin bertambah terkait teknologi. 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang mendorong kita untuk berkarya, tidak terus diam dan terlena dengan keadaan, karena  sebenarnya membuat aplikasi termasuk dalam bentuk karya yang bisa anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan orang lain atau untuk menolong orang lain. Selain itu, membuat aplikasi juga dapat menghasilkan uang sehingga anda bisa meningkatkan perekonomian anda, namun tergantung dengan aplikasi apa yang anda buat.  


Lalu bagaimana cara membuat aplikasi android? untuk mengetahui cara membuat aplikasi android anda bisa memperhatikan step – step berikut ini, dan jangan lupa untuk mempraktekannya sesuai urutan.

Sebelum ke pembahasan silahkan baca artikel terkait cara membuat aplikasi android:




9 Cara Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana
falahbayhaqi.com

1. Buat konsep

Langkah pertama cara membuat aplikasi android anda haruslah menentukan konsep. Untuk membuat sebuah aplikasi yang nantinya akan dipasarkan dan digunakan oleh banyak orang anda perlu memikirkan bagaimana konsep yang akan dibawakan oleh aplikasi tersebut. Pada tahap ini anda bisa menentukan bagaimana jalanya aplikasi yang akan anda buat, fokus dari aplikasi tersebut, fungsi seperti apa yang ingin ditampilkan dari aplikasi tersebut, siapa sasaran pengguna dari aplikasi tersebut. Dalam pembuatan konsep ini anda harus jelas serta terstruktur agar untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya tidak perlu lagi memusingkan tentang apa yang akan anda buat.

2. Penelitian

Langkah kedua cara membuat aplikasi android adalah penelitian di sini anda tidak perlu takut dengan kata penelitian, penelitian disini dimaksudkan agar konsep yang anda miliki nantinya lebih matang, dalam penelitian ini juga  anda dapat mengetahui target pasar yang sesuai dengan konsep yang anda miliki. Penelitian ini bisa dilakukan dengan melakukan survey, agar anda mengetahui apa yang sedang dibutuhkan orang – orang atau bagaimana penilaian orang terhadap konsep yang anda bawa. Nantinya dari penelitian ini anda dapat mengetahui sejauh mana aplikasi yang akan anda buat dibutuhkan oleh orang lain. 

3. Membuat “story board” aplikasi

Lankah ketiga cara membuat aplikasi android anda perlu membuat story board atau biasa disebut sebagai wireframe dan lebih dikenal sebagai cetak biru dari sebuah aplikasi. Di sini anda dapat memulai menuangkan konsep konsep yang telah anda rumuskan ke bentuk tampilan aplikasi, ini dilakukan agar konsep yang anda miliki menjadi lebih jelas. Pada tahap cara membuat aplikasi android pembuatan cetak biru anda harus berhati – hati, karena cepat biru inilah yang nantinya akan dijadikan output aplikasi anda. Jadi, anda bisa membuatnya semenarik mungkin agar pengguna nantinya tidak bosan saat menggunakan aplikasi anda.

4. Membuat back end

Langkah keempat cara membuat aplikasi android adalah membuat back end. Setelah selesai dengan wireframe anda bisa melanjutkan tahap berikutnya dengan membuat back end. Back end ini adalah panggung bagian belakang tempat anda menyimpan banyak data. Back end ini adalah inti dari sebuah aplikasi dimana para pengguna tidak dapat melihat sisi back end ini, hanya anda atau pengembang saja yang dapat melihat back end ini. Untuk membuat back end anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang mensuport pembuatan back end agar memudahkan anda dalam memahami dan membuat back end. 

5. Melakukan uji coba prototype

Langkah kelima cara membuat aplikasi android adalah melakukan uji prototype. Setelah anda selesai membuat back end seharusnya aplikasi yang anda buat sudah selesai dan bisa digunakan sesuai dengan apa yang anda rencanakan. Namun untuk meluncurkan aplikasi tersebut ke ruang publik akan lebih baik bila anda terlebih dahulu melakukan uji coba terhadap aplikasi milik anda. Karena aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh banyak orang bila anda tidak melakukan percobaan sebelum mempublikasikanya bisa saja terdapat ‘eror’ dalam aplikasi tersebut. Namun, anda sendiri tidak mengetahuinya dan akan di ketahui oleh pengguna aplikasi anda.

Maka salah satu saran sebelum meluncurkan aplikasi tersebut ke umum anda bisa terlebih dahulu menguji aplikasi tersebut dengan meminta tolong orang – orang terdekat anda untuk mencoba mendownload dan mengoprasikan aplikasi tersebut. Jika sudah jalan sesuai dengan apa yang anda inginkan anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Mendesain tampilan

Langkah keenam cara membuat aplikasi android adalah mendesain tampilan. Jika sudah selesai dengan semua urusan yang berkaitan dengan masalah dalam apliasi kini anda perlu memperhatikan tampilan luar aplikasi milik anda. Untuk desain tampilan anda bisa membuat desain yang cantik dan menarik agar dapat memikat banyak pegguna untuk menggunakan aplikasi anda. Karena tampilan ini adalah bagian tampak depan dari sebuah aplikasi maka tidak salah bila anda harus benar – benar mendesainya sampai matang, karena bagian ini termasuk dalam bagian yang fatal bila anda tidak mendesainya dengan matang. 

7. Mencoba konektifitas back end dan user interface

Langkah ketujuh cara membuat aplikasi android adalah mencoba konektifitas back end dan user interface, pada tahap ini hampir sama dengan tahap sebelumnya namun tentu dengan tujuan yang berbeda, disini anda dapat mencoba aplikasi anda dan untun mengetahui apakah back end berfungsi dengan baik terhadap user interface yang telah dibuat.  Tidak hanya itu pada bagian ini anda juga bisa mengatahui bagaimana aplikasi anda menyerap daya pada ponsel HP. Setelah mengetahui banyak hal terkait aplikasi anda, tentunya anda harus melakukan revisi bila ada banyak hal yang tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan. Namun, jika semuanya sudah berjalan lancar anda bisa melanjutkan pembuatan aplikasi ke tahap selanjutnya.

8. Beta Testing

Langkah ke delapan cara membuat aplikasi android adalah melakukan Beta Testing, memang tidak mudah untuk membuat aplikasi karena anda harus melakukab berbagai macam tes pada aplikasi anda, namun tes – tes ini digunakan untuk kebaikan aplikasi anda yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat luar. Dimana saat aplikasi tersebut digunakan oleh masyarakat luas anda bisa meminimalis terjadinya kendala atau eror yang ahinya akan menjadikan koplain untuk anda dan aplikasi anda. 

Maka anda dapat melakukan beta testing untuk mengecek seberapa diterimanya kah aplikasi anda di masyarakat. Dalam tes cara membuat aplikasi andorid ini tentunya akan banyak sekali pro dan kotra terhadap aplikasi anda, tanggapi dengan kepala dingin dan hati sabar, karena anda harus pintar – pintar menyaring pendapat untuk menyempurnakan aplikasi anda sebelum ahirnya diluncurkan.

9. Peluncuran aplikasi


Langkah terahir cara membuat aplikasi android  adalah peluncuran aplikasi, setelah semua tahap dilewati dengan serius kini sudah saatnya anda mempublikasikan aplikasi yang anda buat, langkah terpenting agar orang orang mengetahui aplikasi anda adalah dengan menggunakan promosi. Anda bisa mempromosikan aplikasi anda dengan menampilkan kelebihan apa yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Anda juga dapat meminta bantuan dari teman anda untuk ikut mempromosikan aplikasi milik anda. Terus kembangkan aplikasi anda agar aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.

Sekiranya dengan adanya cara membuat aplikasi android pastikan untuk tidak melewatkan satu steppun, karena setiap step sangat berharga bagi pembuatan aplikasi anda. Jangan lupa untuk selalu mengupdate aplikasi anda setelah aplikasi tersebut jadi. 

RajaBackLink.com
Hosting Unlimited Indonesia

Berlangganan via Email