-->

falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi

falahbayhaqi.com adalah blog mengulas info seputar Android, Kesehatan, Wisata dan informasi bermanfaat lainnya

8 Tips Memainkan Gitar Listrik untuk Pemula

Baca Juga:

Jika Anda mencoba belajar bermain gitar listrik, Penting untuk mengikuti beberapa panduan agar bisa mulai bermain dengan baik.

Berikut adalah

8 Tips Memainkan Gitar Listrik untuk Pemula

8 Tips Memainkan Gitar Listrik untuk Pemula

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Gitar Listrik VS Gitar Akustik

1. Dapatkan Peralatan yang Diperlukan


Sebelum Anda benar-benar memulai, ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari untuk bermain gitar listrik secara efisien.

Ampli 

Ampli adalah pendamping penting untuk gitar listrik. Tanpa ampli gitar yang layak, Anda tidak akan bisa mendapatkan suara penuh dari gitar listrik Anda. Ampli yang baik adalah cara terbaik untuk melepaskan potensi penuh dari gitar listrik.

Kabel Instrumen

Anda juga akan membutuhkan kabel instrumen untuk digunakan dengan Ampli baru Anda. Ini untuk menghubungkan gitar listrik  ke amplifier untuk menciptakan suara terbaik.

Guitar Tuner

Sebagai pemula untuk bermain gitar, Anda harus belajar menyetel senar Anda. Akan menjadi lebih mudah jika Anda memiliki tuner yang baik untuk membantu Anda.

Ada beberapa gaya tuner yang bisa Anda dapatkan untuk gitar listrik. Jenis tuner yang paling umum adalah Chromatic, Polyphonic, Strobe, dan Microphone. Siapa pun dari ini akan membantu menjaga gitar Anda tetap selaras dan terdengar hebat.

Tali Gitar

Untuk membuat pengalaman bermain gitar Anda senyaman mungkin, kami merekomendasikan untuk membawa sendiri tali gitar. Tali Gitar memiliki  semua jenis warna dan ukuran, jadi Anda seharusnya tidak kesulitan menemukan yang Anda suka.
Tali juga tersedia dalam berbagai jenis bahan. Yang paling penting adalah kenyamanan dan fungsionalitas. Anda ingin talinya pas dengan bahu Anda dan memiliki kekuatan untuk memegang gitar Anda.

Picks

Picks gitar sangat penting ketika Anda belajar bermain gitar listrik. Ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi lebih baik bagi pemula untuk mulai menggunakan ketebalan antara 0,65-0,73.
Ini akan memastikan Anda dapat memetik gitar dengan efektif.

Capo

Terakhir tetapi tentu tidak kalah pentingnya, Anda harus memastikan untuk membeli capo gitar.
Alat ini pada dasarnya adalah penjepit yang mengencangkan senar saat digunakan, artinya Anda dapat mengubah kunci yang sedang Anda mainkan. Merupakan salah satu Tips Memainkan Gitar Listrik untuk Pemula.

2. Temukan Gitar Listrik yang tepat untuk Pemula 


Selain semua peralatan baru yang dibutuhkan tadi, Anda tentu saja harus memilih gitar listrik pemula yang sesuai dengan keinginan anda.

Penting untuk mengetahui gitar apa yang Anda butuhkan sebelum  membeli gitar listrik  pertama Anda.

Gitar pemula lebih murah daripada model yang lebih bergengsi dan profesional tetapi itu tidak berarti mereka adalah instrumen yang buruk.

Lakukan Riset Anda

Sebelum membeli apa pun, Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan riset pada pilihan gitar listrik pemula terbaik dan fitur-fiturnya.

Yang paling penting, Anda harus mempertimbangkan opsi untuk gaya body gitar listrik.

V-Shape adalah salah satu jenis gitar solid-body, dan cukup jelas. Ini hanya mengacu pada tubuh gitar menjadi V.

Single-Cutaway memiliki satu kurva di badan gitar, yang membuatnya lebih mudah untuk memainkan nada tinggi di fretboard.

Double-Cutaway persis seperti apa itu, gitar dengan dua kurva di tubuh dekat leher.
Jika Anda mencari sesuatu selain gitar listrik solid-body, Anda juga dapat melihat opsi gitar berongga dan semi-berongga juga.

Gitar semi-hollow juga memiliki blok tengah yang benar-benar solid, yang membantu mengurangi feedback  suara.

Gitar hollow dan semi-hollow biasanya digunakan dengan musik jazz, juga beberapa blues, rock, dan country.

Saat melihat opsi bodi diatas, pastikan Anda mempertimbangkan opsi terbaik untuk preferensi . Bagi kebanyakan orang, gitar listrik yang paling mudah dimainkan dan dipraktikkan adalah jenis Double-Cutaway. Merupakan salah satu Tips Memainkan Gitar Listrik untuk Pemula.

3. Pelajari Kord dan Skala Dasar

Terlepas dari jenis musik yang ingin Anda mainkan dengan gitar listrik , Anda harus memastikan Anda meluangkan waktu untuk mempelajari akor dan berlatih skala. Ini akan membuatnya lebih mudah dan lebih memuaskan untuk mempelajari lagu favorit Anda.

Sebagai pemula, beberapa akord seperti B atau F akan lebih sulit dipelajari sampai Anda membangun kekuatan jari Anda. Namun, Anda dapat mempelajari versi sederhana dari akord yang Anda rasa sulit, membuatnya lebih mudah untuk belajar bermain gitar listrik.

Setelah Anda menguasai sebagian besar dasar-dasarnya, cobalah mempelajari beberapa nada yang sangat mudah. Memilih beberapa lagu pemula gitar listrik terbaik akan memotivasi Anda untuk berlatih lebih keras.

4. Belajar Menggunakan Ampli

Tentunya, dengan gitar listrik, Anda pasti ingin terbiasa dengan ampli . Ampli hanya mengambil suara dari gitar Anda dan membuatnya lebih keras. Mengetahui seluk beluk Ampli Anda akan membuat bermain gitar listrik lebih mudah. Merupakan salah satu Tips Memainkan Gitar Listrik untuk Pemula.

5. Dapatkan Beberapa Pelajaran

Setelah Anda membiasakan diri dengan unsur-unsur teknis dari gitar listrik Anda, mungkin ingin mendapatkan beberapa pelajaran yang tepat. Ini adalah langkah penting dalam perjalanan belajar gitar Anda.

Seorang profesional akan membantu Anda mencapai suara yang bersih atau terdistorsi dan akan menunjukkan cara terbaik untuk menggunakan pedal. Ini akan membantu Anda ketika Anda berlatih sendiri di rumah. Jika gitar, ampli, dan pedal Anda tidak seimbang dengan benar, ini dapat merusak sesi latihan. Seorang tutor dapat membantu Anda menyetel mereka dengan benar.

Gitar listrik biasanya terdengar terbaik ketika dimainkan bersama instrumen lain seperti drum atau gitar bass. Mengambil pelajaran akan membantu Anda belajar bagaimana Anda dapat menggunakan gitar listrik Anda untuk melengkapi lagu dan band secara keseluruhan.

Mendapatkan beberapa bentuk bimbingan akan membuat Anda menjadi gitaris yang lebih baik. Temukan seorang tutor yang sesuai dengan tingkat kepribadian dan keterampilan Anda jika Anda benar-benar ingin meningkatkan keterampilan gitar listrik Anda, Anda tidak akan menyesal!

6. Belajar Online

Untungnya sekarang ada beberapa cara untuk mengembangkan keterampilan Anda tanpa harus meninggalkan rumah Anda. Ada begitu banyak sumber materi online untuk gitaris yang sangat luar biasa.

Ada beberapa situs web yang membahas  khusus gitar yang dapat menawarkan bantuan. Dan banyak panduan yang dapat ditemukan di Youtube. Jika Anda ingin menjadi pemain gitar listrik yang hebat, ada beberapa guru online yang dapat membantu Anda melakukan hal itu.
Bimbingan online mungkin menjadi solusi yang tepat jika Anda tidak ingin mengambil pelajaran secara langsung. Merupakan salah satu Tips Memainkan Gitar Listrik untuk Pemula.

7. Dengarkan Gitaris Listrik Favorit Anda

Cara terbaik untuk mengembangkan gaya adalah dengan mendengarkan gitaris favorit Anda. Dengan mengetahui suara yang ingin Anda dengarkan, akan lebih mudah untuk menentukan bagaimana Anda ingin bermain.

Mendengarkan musisi profesional akan menunjukkan bahwa latihan adalah kuncinya.
Dengarkan bagaimana gitaris favorit Anda menggunakan ampli mereka untuk membuatnya terdengar lebih baik bukan hanya lebih keras. Dengarkan bagaimana mereka dapat mengekstraksi berbagai nada dan tekstur dan bagaimana mereka bermain-main dengan ritme.

8. Berlatih sebanyak mungkin


Latihan membuat sempurna! Kiat terakhir kami untuk memulai proses membantu Anda belajar bermain gitar listrik hanyalah untuk menyarankan agar Anda berlatih sebanyak mungkin. Baik itu 20 menit sehari atau 2 jam, memastikan bahwa Anda secara konsisten mengeluarkan gitar setiap hari akan membuat Anda menjadi pemain yang baik. Merupakan salah satu Tips Memainkan Gitar Listrik untuk Pemula.

Setelah Anda merakit semua peralatan dan aksesori yang diperlukan sekarang saatnya untuk mulai bermain.

Inspirasi dapat ditemukan di banyak tempat. Jika Anda benar-benar ingin sukses, Anda akan menjadi bersemangat dan tidak berkecil hati ketika mendengarkan master seperti Hendrix dan Clapton. Anda harus merasa nyaman dengan pengetahuan bahwa gitaris legendaris hanya menjadi hebat dengan berlatih setiap hari dan tetap ingin tahu.

Setelah anda mempelajari 8 Tips Memainkan Gitar Listrik untuk Pemula.
Kini saatnya untuk mengeluarkan gitar Anda, pasang ampli Anda, atur pedal Anda, dan mulailah bermain!

Wajib Tahu:

Author Profile

About falahbayhaqi

falahbayhaqi.com | suka kopi, cukur rambut, dan teknologi. Kalau mau kerjasama Hayuuuk... langsung hubungi saya di Kontak

Artikel Terkait: